Selasa, September 28, 2010

Jangan Pernah Menunda Untuk Membantu Orang Lain

Jangan Pernah Menunda Untuk Membantu
Kadang kita menyepelekan perkara-perkara kecil dan sering menunda-untuk melaksanakannya terlebih bila tidak menyangkut diri kita sendiri, penundaan apalagi berkaitan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan akan merugikan banyak pihak. Keterlambatan satu hari pun akan berakibat fatal, seperti ilustrasi berikut.

Seorang wanita setengah baya bernama Lilis, berjalan gontai pulang kerumah dengan raut muka sedih, ia baru saja mendatangi teman-temannya bermaksud meminjam uang untuk keperluan berobat suaminya yang sakit parah. Semua teman yang dijumpai tidak dapat meminjamkan dengan berbagai sebab, Dini sahabatnya sewaktu SMA berkata, “wah sori ya Lis kalau saat ini aku masih ada keperluan untuk bayar arisan, mungkin minggu depan aku baru bisa bantu", lain lagi dengan Ericka sahabat karibnya sewaktu masih kuliah juga tidak dapat meminjamkan, maaf banget ya Lis, hari ini aku sudah janji dengan bu Endang untuk shopping, minggu depan aja ya saat gajian, aku akan bantu", bahkan Darwis mantan kekasihnya sewaktu kuliah pun tidak dapat membantunya dengan alasan uangnya dipergunakan untuk membayar cicilan motor.

Karena tidak mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya, akhirnya suami Lilis meninggal dunia. Satu minggu kemudian Dini, Ericka dan Darwis datang berkunjung dan bermaksud memberikan pinjaman kepada Lilis, akan tetapi dengan wajah sedih Lilis menolaknya dan berkata “maaf teman-temanku, aku tidak dapat lagi menerimanya, sudah terlambat karena suamiku sudah meninggal 5 hari yang lalu”. Dini, Ericka dan Darwis merasa sedih dan sangat menyesal mengapa waktu itu mereka tidak segera membantu, padahal mereka mempunyai kesempatan untuk melakukannya.

Terkadang tanpa kita sadari ketika ada orang datang meminta bantuan, sering kali kita menunda-nunda untuk memberikan bantuan dengan berbagai alasan dan berpikir apakah orang tersebut layak untuk ditolong, bahkan lebih ekstrim lagi bila dalam menolong orang lain kita selalu mengukur untung-ruginya.


Kisah ilustrasi diatas mengajak kita untuk segera memberikan bantuan dan jangan pernah menunda untuk membantu orang lain, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena sudah terlambat melakukannya, selagi ada kemampuan dan kesempatan berikanlah bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Read More......