Senin, Februari 15, 2010

Hari Apa Anda Dilahirkan

Hari Apa Anda DilahirkanApa jawaban anda, ketika ada orang yang bertanya : hari apa Anda dilahirkan … ?, mungkin Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut, tetapi banyak juga yang tidak dapat menjawab dengan tepat hari apa ia dilahirkan, belum lagi bila pertanyaannya adalah hari apa istri/pacar atau orang tua Anda dilahirkan … ?. Hal ini tidak mengherankan karena pada umumnya kita lebih tahu tanggal, bulan dan tahun bersejarah dalam kehidupan kita, hampir setiap orang tahu tanggal, bulan dan tahun ia dilahirkan.

Dengan menggunakan perhitungan tertentu dimana tanggal dan bulan dikonversikan dalam bentuk bilangan (angka), Anda akan dengan mudah menjawab hari apa Anda dilahirkan. Bahkan kita juga dapat mengetahui hari-hari penting dalam hidup kita.

Berikut penjelasannya :
Buang 2 angka depan tahun kelahiran (yang dipergunakan 2 angka belakang tahun kelahiran).
Urutkan har-hari dalam satu minggu kemudian dikonversikan dalam bentuk bilangan/angka dimulai dengan angka nol (nol) untuk hari Minggu (Minggu : 0, Senin : 1, Selasa : 2, Rabu : 3, Kamis : 4, Jum’at : 5 dan Sabtu : 6).
Selanjutnya kita konversikan nilai dari setiap bulan dalam satu tahun, sebagai berikut :

Tabel Nilai Bulan

Bulan Nilai Bulan Nilai
Januari 0 Juli 6
Februari 3 Agustus 2
Maret 3 September 5
April 6 Oktober 0
Mei 1 November 3
Juni 4 Desember 5

Untuk menentukan hari kelahiran adalah dengan cara : 2 angka terakhir tahun kelahiran dibagi 4 dan buang sisanya tanpa melakukan pembulatan. Selanjutnya hasil yang diperoleh tanpa pembulatan tersebut + 2 angka terakhir tahun kelahiran + tanggal lahir + nilai bulan. Hasilnya bagilah dengan 7, (jumlah hari dalam seminggu). Kini yang harus kita lakukan adalah mengambil sisa pembagian tersebut dan mencocokkannya dengan nilai hari. Bila disederhanakan akan nampak sebagai berikut :

Hari Kelahiran : [(tahun : 4) + tahun + tanggal + nilai bulan] / 7

Untuk tahun yang dapat dibagi 4 secara bulat maka untuk mencari/menghitung hari pada bulan Januari dan Februari (nilai bulan Januari dan Februari dikurangi 1).

Sekarang mari kita mulai, ambil contoh seseorang lahir pada tanggal 17 Agustus 1945 pada hari apa ia dilahirkan ?
Tanggal = 17
Bulan = 2 (sesuai table nilai bulan)
Tahun = 45 (tahun 1945 adalah bukan tahun kabisat/tidak habis dibagi 4)

[ (17 : 4) + 45 + 17 + 2) : 7 ] >>> (4 (sisa 1 diabaikan) + 45 + 17 + 2 ) : 7 >>>  [4 (sisa 1 diabaikan]+ 45 + 17 + 2 ] : 7 >>> 68 : 7 >>> 9 sisa 5

Langkah selanjutnya adalah mencocokkan angka sisa 5 dengan nilai hari >>> diperoleh hari Jum’at. Tanggal 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jum’at.

Perhitungan diatas hanya berlaku untuk kelahiran di abad 20 saja (1 Januari 1901 s/d 31 Desember 2000), sedangkan bila kelahiran diatas tahun 2000, maka nilai bulan dikurangi dengan 1 (satu).


Read More......

Jumat, Februari 12, 2010

Palem Sunah

Palem Sunah nama yang terdengar aneh untuk sebuah tanaman seolah-olah kita dihadapkan kepada suatu pekara yang bila di kerjakan berpahala dan bila ditinggalkan tidak berdosa, he….2x salut buat yang ngasih nama. Mau tau gimana bentuk dan model tanamannya nich saya kasih bocoran dari salah satu koleksi BRO DARWIN rekan kerja sekaligus inspirator tanaman di lingkungan BRI Jakarta Veteran.
Palem SunahPalem SunahPalem Sunah


Dari hasil introgasi dan hasil lidik ternyata tanaman Palem Sunah ini juga memiliki nama lain yaitu PALEM JENGGOT atau dalam bahasa latinnya COCCOTHRIX CRINITA.

Dikarenakan terdapat karakter yang kuat dalam tanaman Palem Sunah yang membuat para pecinta tanaman dapat dengan mudah sekali mengenalinya antara lain : bentuk daun seperti jari tangan “konon tanaman dewasa memiliki ruas jari sebayak 33 (palem dewasa)” dan seluruh batang diselimuti jenggot berbulu lebat dengan pertumbuhan sangat lambat sekali oleh sebab karakter yang kuat tsb membuat harga tanaman super uniq dan langka ini terdongkrak naik dan bernilai jutaan rupiah, sebagai kisi-kisi dari saya koleksi diatas sudah dibandrol Rp. 8,000,000.- sungguh harga yang memukau.
Palem Sunah

Asal muasal tanaman Palem Sunah pun tergolong sangat jauh yaitu Cuba, dihabitatnya tanaman ini sangat dilindungi dan perkembangan Palem Sunah/ jenggot di Indonesia sendiri kebanyakan bermula dari pengembangan bibit yang dipasok oleh importir tanaman kelas kakap baik legal mapun ilegal, maklum sejak pelarangan dan diperketatnya aturan tentang perlindungan terhadap tanaman langka di negara asalnya hampir sulit sekali mendapatkan biji yang bermutu tinggi, sehingga persentase untuk hidup sangat tipis sekali.

Tunggu apalagi buat Anda para kolektor tanaman khususnya palem mania, tambahkan koleksi Anda dengan Palem Sunah kasta palem tertinggi di kelasnya soo penulis juga ga mau ketinggalan “lets go to the jungle”

Read More......

Selasa, Februari 09, 2010

Rukun Sholat

Rukun SholatPernakah terlintas dibenak kita, bahwa sholat yang kita kerjakan 5 kali dalam sehari telah diterima oleh ALLAH Ta’ala. Adakah keinginan dalam diri kita untuk memperbaiki sholat kita, sehingga sholat kita bukan hanya sekedar ikut-ikutan. Perlu kita ketahui bahwa ibadah yang kita lakukan tanpa didasari dengan ilmu itu ditolak oleh ALLAH Ta’ala. Baginda Rosul SAW bersabda “ Sholatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku sholat”. Agar sholat kita menjadi sholat yang Insya ALLAH diterima oleh ALLAH Ta’ala maka kita perlu mengetahui tentang syarat wajib sholat, syarat syahnya sholat, rukun sholat dan yang membatalkan sholat. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang rukun sholat sebagaimana yang diajarkan oleh guru saya Habib Abdulqodir bin Ali bin Sahil.

Secara garis besar Rukun sholat dibagi ke dalam 4 bagian :
  1. Rukun Qauliyah (ucapan) : harus dapat didengar paling tidak oleh telinga sendiri tidak cukup hanya dalam hati.
    • Takbirotul Ihrom
    • Membaca Surat Fatehah
    • Membaca tasyahud akhir
    • Membaca sholawat kepada Nabi SAW pada tasyahud akhir
    • Mengucapkan Salam
  2. Rukun Fi’liyah (perbuatan)
    • Berdiri (bagi yang mampu pada sholat fardhu)
    • Ruku beserta tuma’ninah* didalamnya
    • Itidal beserta tuma’ninah didalamnya
    • Sujud beserta tuma’ninah didalamnya
    • Duduk diantara dua sujud beserta tuma’ninah didalamnya
    • Duduk ketika membaca tasyahud akhir
  3. Rukun Ma’nawiyah
    • Tertib (berurutan) : diawali dengan takbirotul ihrom dan diakhiri dengan salam
  4. Rukun Qolbiyah
    • Niat

Berhenti sejenak diantara dua gerak sekedar mengucap Subhanallah

Mohon dikritik apabila ada kekeliruan, duhai saudaraku ! saya ingatkan untuk diri saya pribadi dan juga yang membaca artikel ini, mengapa untuk urusan duniawi yang hanya sementara ini kita punya selera yang cukup tinggi tapi anehnya untuk urusan ukhrowi yang tiada akhir selera kita sangat rendah sekali. Terkadang kita tidak pedulikan apakah ibadah kita kepada ALLAH Ta’ala telah benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dan untuk memperbaiki ibadah kita tidak ada jalan lain mari kita luangkan waktu untuk menghadiri majlis ilmu yang didalamnya diajarkan bagaimana mengibadati ALLAH Ta’ala dengan cara yang benar yaitu Ilmu Fiqih.

Demikian mudah - mudahan dapat bermanfaat

Kiriman sohibku M.Yunus

Read More......

Jumat, Februari 05, 2010

Service Excellent 2

Service ExcellentMelanjutkan postingan sebelumnya mengenai Service Excellent 1 perihal standar layanan bagi Customer Service dan Teller, maka pada postingan kali ini akan memberikan gambaran bagaimana seharusnya satpam bertindak dan berprilaku yang sesuai dengan standar layanan.

Petugas Satpam (Bagian Luar)

Seragam dan Kelengkapan
  • Baju seragam tidak kusam
  • Atribut lengkap (topi, nama, emblem kesatuan, kopel/tongkat/borgol/sangkur)
  • Sepatu bersih dan dalam kondisi baik
Kerapihan
  • Rambut tercukur rapi
  • Kumis tercukur rapi
  • Tidak berjenggot dan berjambang
Sikap
  • Tersenyum
  • Mengarahkan parkir
  • Membantu membukakan pintu mobil
  • Mengucapkan Salam
  • Mengawasi keadaan sekitar
  • Menyediakan payung untuk nasabah saat hujan
  • Tidak merokok
  • Tidak melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan nasabah seperti mengobrol dengan rekan kerja/pekerja.

Petugas Satpam (Bagian Dalam)

Seragam dan Kelengkapan
  • Baju seragam tidak kusam
  • Atribut lengkap (topi, nama, emblem kesatuan, kopel/tongkat/borgol/sangkur)
  • Sepatu bersih dan dalam kondisi baik
Kerapihan
  • Rambut tercukur rapi
  • Kumis tercukur rapi
  • Tidak berjenggot dan berjambang
  • Tidak bau badan
Sikap
Saat Nasabah datang
  • Berada diarea banking hall
  • Membantu membukakan pintu
  • Tersenyum mengucapkan salam dan menawarkan bantuan
  • Mengawasi/mengatur antrian
  • Membantu Nasabah, jika ada nasabah yang bertanya letak dan jenis form, antar nasabah ke writing desk dan berikan form yang dibutuhkan.
  • Tidak melakukan hal yang tidak berhubungan dengan nasabah seperti mengobrol dengan rekan kerja/pekerja.
Saat Nasabah keluar
  • Tersenyum, membantu membukakan pintu.
  • Mengucapkan terima kasih dan salam.

Read More......

Service Excellent 1

Service ExcellentSebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, Bank BRI selalu senantiasa memberikan kepuasan kepada para nasabahnya. Salah satu cara untuk memberikan kepuasan kepada nasabah adalah dengan memberikan Service Excellent, meliputi sikap dan skill dalam melayanai serta penampilan dari para karyawan/karyawati saat melaksanakan tugasnya. Sehingga diharapkan dengan Service Excellent dapat memberikan layanan yang memuaskan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh nasabah.

Customer Service

Aspek Penampilan
  • Seragam lengkap dengan KTPP
  • Rambut tidak menutupi muka dan diikat menggunakan hair net untuk yang panjang/cepol (wanita)
  • Untuk ukuran rambut sedang (sebahu) diperkenankan menggunakan jepit rambut warna hitam (wanita).
  • Tidak diperkenankan menggunakan “jepit bebek” dan jepit warna-warni.
  • Rambut tercukur rapi (pria).
  • Kumis tercukur rapi (pria).
  • Tidak berjenggot dan berjambang.
  • Hindarkan pemakaian jelly berlebihan model spike diperkenankan untuk karyawan pria dengan panjang maksimal 1 – 1.5 cm dan terkesan rapi.

Aspek Sikap Customer Service
  • Tersenyum
  • Berdiri saat menyambut nasabah dan saat nasabah selesai transaksi.
  • Mengucapkan salam.
  • Berjabat tangan
  • Menyapa nasabah dengan sebutan Pak/Bu (untuk nasabah baru tidak diperkenankan menyapa dengan sebutan Mas, Mbak, Teh, dsb).
  • Memperkenalkan diri dan mempersilahkan duduk dengan kata dan isyarat.
  • Eye to eye contact dengan nasabah terjaga.
  • Posisi selama melayani tidak bersandar dan maju kearah nasabah.
  • Menanyakan nama nasabah
  • Menggunakan nama nasabah di awal layanan, saat melayani dan di akhir layanan.
  • Meminta maaf saat mengintrupsi layanan.
  • Tidak berbicara dengan rekan lain saat melayani.
  • Antusias saat melayani.
  • Menawarkan bantuan akhir.
  • Mengucapkan terima kasih dan salam di akhir layanan.
  • Tidak meninggalkan nasabah lebih dari 2 kali.
  • Tidak diperkenankan melayani nasabah yang menyela antrian.
  • Tidak diperkenankan menerima telepon atau HP saat jam kerja.
  • Tidak menggunakan rekening karyawan untuk sebagai perantara transaksi nasabah.

Aspek Skill
  • Jajaki kebutuhan nasabah
  • Tanyakan apakah nasabah pernah memiliki rekening di BRI sebelumnya.
  • Tawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  • Jelaskan fitur dan benefit produk yang diminati nasabah (Tabungan BRI BritAma, Deposito BRI, Giro BRI, dll).
  • Menjelaskan fitur dan benefit layanan e-banking (ATM, SMS Banking, Phone Banking).
  • Menggunakan sales kit/brosur saat menjelaskan serta mengarahkan dan menunjukkan kepada nasabah bagian yang dijelaskan.
  • Membujuk nasabah untuk menggunakan layanan e-banking.
  • Melakukan cross selling untuk produk BRI yang lain.
  • Fotokopi identitas nasabah harus dilakukan oleh petugas dan tidak diperkenankan menyuruh nasabah memfotokopi sendiri.

Aspek Skill tanggapan terhadap keluhan nasabah
  • Dengarkan keluhan nasabah.
  • Sampaikan permintaan maaf atas ketidak-nyamanan nasabah.
  • Tunjukkan empati.
  • Tanyakan lebih lanjut tentang permasalahan nasabah.
  • Berikan solusi ke nasabah.

Aspek Skil tanggapan terhadap penutupan rekening
  • Tanyakan alasan menutup rekening.
  • Apabila memungkinkan memberikan solusi untuk tidak menutup rekening.
  • Sebisa mungkin pertahankan agar tidak menutup rekeningnya.

Teller

Aspek Penampilan
  • Seragam lengkap dengan KTPP
  • Rambut tidak menutupi muka dan dicepol untuk yang panjang (wanita).
  • Untuk ukuran rambut sedang (sebahu) diperkenankan menggunakan jepit rambut warna hitam (wanita).
  • Tidak diperkenankan menggunakan “jepit bebek” dan jepit warna-warni.
  • Rambut tercukur rapi (pria).
  • Kumis tercukur rapi (pria).
  • Tidak berjenggot dan berjambang. Hindarkan pemakaian jelly berlebihan (model spike untuk karyawan pria karena terkesan tidak ”business like”.

Aspek Sikap
  • Tersenyum
  • Berdiri saat menyambut nasabah dan saat nasabah selesai transaksi.
  • Mengucapkan salam.
  • Berjabat tangan
  • Menyapa nasabah dengan sebutan Pak/Bu (untuk nasabah baru tidak diperkenankan menyapa dengan sebutan Mas, Mbak, Teh, dsb).
  • Menawarkan bantuan awal
  • Eye to eye contact dengan nasabah terjaga.
  • Menanyakan nama nasabah.
  • Menggunakan nama nasabah di awal saat melayani dan di akhir layanan.
  • Meminta maaf saat mengintrupsi pelayanan.
  • Tidak meninggalkan nasabah lebih dari 2 kali.
  • Tidak diperkenankan melayani nasabah yang menyela antrian.
  • Tidak diperkenankan menerima telepon atau HP saat jam kerja.
  • Menawarkan bantuan akhir.
  • Mengucapkan terima kasih dan salam di akhir layanan.
  • Tidak menggunakan rekening karyawan untuk sebagai perantara transaksi nasabah.

Aspek Skill
  • Meminta ijin kepada nasabah ketika akan menghitung uang.
  • Meminta nasabah untuk melihat penghitungan uang.
  • Meminta izin saat harus meninggalkan nasabah.
  • Mencocokkan isian yang ada di Slip dengan fisik uang.
  • Tanggal di Slip harus diisi.
  • Mencocokkan nomor rekening dengan nama pemilik rekening.
  • Mencocokkan antara terbilang dan angka.
  • Konfirmasikan jumlah uang yang diterima.
  • Menanggapi permintaan penukaran uang dengan baik.
  • Referral layanan e-banking.

Read More......