Sabtu, Juni 05, 2010

Standar Kualitas Layanan

Beberapa waktu yang lalu, bahkan sampai sekarang, banyak kita dengar atau kita baca di media cetak dimana para konsumen/nasabah yang tidak puas dengan pelayanan petugas Bank. Meskipun terkadang belum jelas benar apa penyebabnya, adalah wajar kalau pada akhirnya yang dipertanyakan adalah standar kualitas layanan dari petugas bank.

Pelayanan memang tidak sebatas bicara penyelesaian tugas pekerjaan atau hubungan baik dengan pelanggan, tetapi pelayanan yang baik/service excellent juga dituntut untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan segenap hati sehingga dapat memberikan dampak positif, dimana individu pelanggan yang dilayani memperoleh kepuasan dari layanan tersebut.

Sadar atau tidak, seringkali kita mengerjakan pekerjaan kita sebagai suatu rutinitas belaka terlebih ditengah kesibukan dan tuntutan agar pekerjaan cepat selesai, sehingga tidak memberikan dampak positif bagi yang dilayani, semua berjalan dengan datar tanpa adanya sentuhan "hati" dalam pelayanan.

Dengan mencintai dan menikmati pekerjaan, akan tercipta kondisi kerja yang menyenangkan, melahirkan kreativitas yang bermanfaat dan memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan tempat kita bekerja dan lebih dari itu memberikan dampak positif bagi pelanggan yang dilayani dan pada gilirannya memberikan dampak positif bagi kesuksesan individu.

Sebenarnya usaha-usaha untuk meningkatkan standar kualitas layanan yang baik telah banyak dilakukan oleh pihak perbankan, diantaranya melalui pendidikan yang diselengarakan oleh masing-masing bank. Namun mengingat masih ada (banyak) komplain atau keluhan dari pelanggan/nasabah, maka perlu adanya kajian secara mendalam mengenai materi pendidikan dan bila perlu menjaga keseimbangan persentase materi yang diajarkan antara teoritis produk perbankan dan kemampuan berkomunikasi dari petugas bank.

Salam



YMads.com
CPM Advertising

40 komentar:

Anonim mengatakan...

artikelnya menarik
salam dalam persahabatan

mixedfresh mengatakan...

komunikasi yang baik kemungkinan bisa meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah, nice share sobat..

aan mengatakan...

nasabah adalah segalanya,apalagi bidang perbankan layanan jasa yang baik dan profesional harus tetap dikedepankan,

merpati balap mengatakan...

selama ini sy puas dg BRi baik produk maupun layananya..

ginanjar mengatakan...

Kerja keras, cerdas dan ikhlas lah yang akan membawa dampak positif.....

cellular mengatakan...

semakin baik dan semakin besar perusahaan/bank, maka kualitas pelayanan sangat harus diprioritaskan... terlebih dengan kemajuan teknologi yang sudah begitu canggih, maka konsumen ingin mendapatkan kecepatan dan kemudahan dalam melakukan transaksi apapun

Johnson Manurung mengatakan...

@ Kezedot : salam persahabatan juga sob

@ Mixedfresh : betul sahabat, komunikasi memegang peranan penting

@ Aan : Customer is the King ...

@ Merpati Balap : makasih sahabat atas kepercayaannya.

@ Ginanjar : kerja keras adalah hal terbaik yg dapat kita lakukan

@ Cellular : kecepatan dan kemudahan bertransaksi adalah hal yang harus diprioritaskan

@ All : thanks para sahabat atas kunjungan dan supportnya. Salam

TUKANG CoLoNG mengatakan...

nice post..

Anak Rantau mengatakan...

KAlau bank Swasta bisanya pelayanannya baik Mas, tetapi kalau punya pemerintah apalagi BRI ditempat saya memang pelayanannya kurang bagus.

Anak Rantau : http://blog-f-16.blogspot.com

etam grecek mengatakan...

cepat dan mudah itu yg menjadi pelayanan terbaik yg sllu di inginkan nasabah...

Ferdinand mengatakan...

Wah aku juga kadang agak kurang puas dengen palyanan yg lama di bank tertentu......

setuju Sob...klo aku sih ya bener2 dinikmatin kerja....

Run-D BLoG mengatakan...

Pelayanan BRI di daerah Makassar sdh bagus Mas,mg bs dipertahankan..

FajarbukaN mengatakan...

pelayanan adalaha segalanya,.

Andi Wong mengatakan...

Pelayanan yang berkualitas itu memang sgt diperlukan agar para nasabah menjadi senang hati bertransas=ksi di bank.. sgt diperlukan.. :)

ina mengatakan...

keren kag...
nice post...
Na suka yg di blockquote :D

TUKANG CoLoNG mengatakan...

berkunjung lagi..:)

abbegrt mengatakan...

sukses selalu boss

alfi mengatakan...

mantap mas infonya sukses selalu and sehat selalu

blog abbe mengatakan...

nice artikel tank's bos

BlogDuit mengatakan...

Juragan Johnson mantap sekali nih artikel dan jurus optimasinya.

bisnis n hobby mengatakan...

sukses selalu kawan

akhatam mengatakan...

Pelayanan memang Utama.. Sukses terus mass

Ega mengatakan...

Berdasarkan pengalaman pribadi, pelayanan dari karyawan bank jauh lebih baik dari pelayanan karyawan rumah sakit. Tidak didapati di area bank karyawannya dapat dengan bebas berkomunikasi pribadi via hp, tp di rumah sakit saya masih mendapati hal seperti ini.

risal's blog mengatakan...

Saya kira ini sudah membudaya ya di negara tercinta ini..jangankan rumah sakit atau bank, bahkan badan hukumpun pelayanannya sangat tidak memuaskan...yang mana mereka sering mengesampingkan kaum yang lemah

windflowers mengatakan...

nice post..kunjungan pertamaku..sukses selalu..pls visit me back ya..thanks a lot ^_^

threelost mengatakan...

wah2 setuju banget sob

Bunglon Blog mengatakan...

hmmm memang seharusnya sebuah instansi harus memberikan peklayanan yang memuaskan buat seluruh pengguna jasanya, agaar tercipta kenyamanan bersama..
Sukses Slalu!

tomo mengatakan...

Pelayanan ndak memuaskan sama sekali gan.
Bnyk yg kecewa

uswah mengatakan...

Kunjungan sore

Ummiega mengatakan...

Ditunggu kerja sama BRI dengan paypal...

anggasona mengatakan...

menarik sekali sob jika membahas soal pelayanan di Indonesia, kita tahu skli bnyk skali instansi yg belum menerapkan secara optimal masalah ini, padahal bgtu banyaknya masyarakat yg harus diperhatikan dlm soal pelayanan...yg jelas antara komunikasi instansi dan masyarakat harus ada kerjasama yg baik .. :)

bisnis n hobby mengatakan...

thanks sharingnya kawan, salam

Pak Liek mengatakan...

pelanggan/nasabah adalah raja ... yang patut diberi pelayanan yang baik ...

kartu kredit mengatakan...

wah menyinggung standard layanan Bank, sejauh ini untuk IT sudah canggih dan good, hanya saja nasabah sering di buat antri berjam2 di teller, apa kurang petugas ya.....

oempak mengatakan...

ikhlas hati melayani, dijamin pasti enak rasanya :)

Simple mengatakan...

betul itu, apabila mengerjakan sesuatu dengan hati, pasti beda hasilnya.
apalagi yang kita layani juga punya hati.

azwar mengatakan...

blognya sdh saya link

Tutorial, Tips, Trick, Info. mengatakan...

wah mas pengen juga, btw bisa dibuat kerja gak ya?

Sekarung Info mengatakan...

haha bri dab paypal keren tuh :)

Dony mengatakan...

Yang agak sulit itu memberikan edukasi agar, staf bersikap dan memerankan diri seolah-olah sebagai pemilik perusahaan. Akan ada motivasi berbeda bila diterapkan. Tentu saja pemberian intensif juga harus seimbang dalam hal ini :D

Posting Komentar