Kamis, Juli 29, 2010

Meminta Maaf Dan Memaafkan Ternyata Sulit

meminta maaf dan memaafkan ternyata sulit, maaf, inspirasi, motivasi
Meminta maaf dan memaafkan ternyata sulit, tidak semudah mengucapkannya. Ada banyak orang yang masih bermasalah dengan kata maaf. Gengsi, jaga image, malu bahkan sampai ada yang merasa tidak perlu meminta maaf karena merasa memiliki kedudukan yang lebih tinggi.
Hidup dalam dunia yang kompleks dengan berbagai aktivitas dan kepentingan tentu saja menjadi pemandangan yang biasa bila timbul benturan atau perselihan.

Kemacetan lalu lintas, kesalah-pahaman, merasa diperlakukan tidak adil atau kekesalan lainnya dalam kehidupan sehari-sehari dapat menyebabkan orang menjadi gampang marah.

Sadar atau tidak, kerapkali kita merasa hanya pantas menerima hal-hal yang baik dalam hidup ini, jalanan yang selalu lancar, karier yang mulus karena merasa telah bekerja keras, kesuksesan. Bahkan berharap agar para sahabat/teman memperlakukan kita sesuai dengan keinginan kita. Ketika yang diterima justru sebaliknya, maka timbul kekecewaan dan rasa marah karena merasa diperlakukan tidak adil.

Dalam realita kehidupan adalah hal yang wajar bila sesekali kita merasa marah atau menghadapi kemarahan orang lain, yang terpenting adalah bagaimana kita dapat mengontrol atau mengendalikan rasa marah tersebut agar tidak menimbulkan hal-hal yang akan disesali dikemudian hari. Seandainya ada perbuatan kita yang melukai orang lain maka sudah selayaknya kita segera meminta maaf, dan sebaliknya kita cenderung akan marah bila merasa tersakiti, tetapi kalau orang tersebut meminta maaf akankah kita tetap mengeraskan hati untuk tidak menerimanya ?

Seseorang yang mau meminta maaf ataupun memaafkan berarti ia mempunyai hati yang terbuka, hati yang memasang telinga dan hati yang mau menerima.




YMads.com
CPM Advertising

94 komentar:

etam grecek mengatakan...

SETAP MANUSIA PASTI MEMPUNYAI SALAH...
HENDAKNYA KITA SALING MEMAAFKAN...

Elvindinata mengatakan...

hmmmmmm,,,, setuju buat bang etam grecek,, :),, apa salah nya kita saling memaafkan,,,,^^

Ummiega mengatakan...

Untuk info lebih lengkap, langsung daftar Picasa saja, gratis kok. Saya sendiri ada 20 album, 1 album maksimal 1000 foto. Selama ini gak ada hambatan, ga ada iklannya. Service yang memuaskan dari Google.

iplock mengatakan...

hampir setiap hari di tv ane liat orang sering bgt marah2, lempar batu, banting apa aja yang dihadapannya...

sayangnya masyarakat kita kl ada sebagian merasa salah,ga mau mengakui kesalhannya,yang ada tambah bringas...

moga bisa saling memaafkan....

Nuu mengatakan...

menghilangkan ego yang susah, karena ego susah dihilangkan jadi susah memaafkan...
tapi namanya manusia memang ga ada yang ga punnya salah, jadi kita harus memaafkan...

AmruSite mengatakan...

Tanpa kt sadari memang rasanya "sedikit" berat untuk meminta maaf ataupun memaafkan orang lain, apalagi jk kita merasa kalau itu adalah kesalahan besar..
Tp apa salahya jk kita memaafkan org lain, dan sebaliknya apabla salah kt cepat2 minta maaf. Menurutku itu hal yg sangat baik dan bijak. Dan semoga kt salah satu dr orang2 yng pemaaf,,
Salam blogger

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

hmmm memang bener mas pada sebagian orang meminta maaf dan memaafkan itu sungguh sangat sulit, lebih mengutamakan gengsi...
Sukses Slalu!

NgePas mengatakan...

Wah ni mirip2 pnglmn saya.. jd inget lagi.. dia blm minta maaf pe skrng..!! :'(

Asis Sugianto mengatakan...

Tak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini, pasti pernah melakukan kesalahan,,,,,

Run-D BLoG mengatakan...

Bener sob, mari kita saling memaafkan mensucikan hati sebelum memasuki bln ramadhan

Ummiega mengatakan...

Meminta maaf biasanya sudah ada keinginan tapi dalam pelaksanaannya biasanya juga malu untuk melakukan.

biliktiwi mengatakan...

Betul skl Pak!.....sy mengalaminya sndr!, apalagi bila kt hrs berhadapan dg org yg msh terhitung saudara dkt kt sndr dan lbh senior lg umurnya, pengennya kt, smua brjalan lancar2 sj...tetapi itulah hidup, kt tdk prnh tahu.. saat memaafkan mereka yg memp salah pd kt sptnya mdh di mulut, tetapi...butuh waktu lama u bs ikhlas memaafkan dr hati...pun saat meminta maaf btuh kerendahan hati dr kt..well, nice post,salam dr surabaya pak....,tq

hanumuslem mengatakan...

betul itu sobat.. makanya kita harus blajar meminta maaf dan juga memaafkan..

etam grecek mengatakan...

selamat malam bang jhon...
maaf jika saya ada salah baik perkataan ataupun perbuatan saya....

Matahari Free Download Mp3 mengatakan...

Tidak sulit bila mau dan berusaha keras untuk bersabar, lapang dada, dan ikhlas.
Bener kan? :)

etam grecek mengatakan...

selamat pagi bang jhon...sukses sllu dgn warna tulisannya...

Game Naruto mengatakan...

wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Game Naruto" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..

mixedfresh mengatakan...

tapi setelah memaafkan perasaan kita akan lebih lega karena beban sepertinya juga hilang

Andi Wong mengatakan...

memang hal yg sulit.. meminta maaf maupun memaafkan... ini membutuhkan niat & keberanian.. :)

suwune mengatakan...

Jadi masihkah meminta maaf dan memaafkan itu hal yang sulit ? TIDAK SULIT gampang Iklas, gak pernah dendam, gak IRI dengki yang utama ucapkan salam, saling sapa,maaf suwun

bippi mengatakan...

kontrol nafsu dan marah...mudah2an dapat memberikan ketenangan hati, bisa memberi maaf dan juga meminta maaf

Ferdinand mengatakan...

Wah bener bgt tuh Sob..... meminta maf dan memaafkan kadang sangat sulit dilakukan... tapi klo bisa ya mesti minta maaf klo emank ngrasa salah........

etam grecek mengatakan...

sebelumbulan ramadhan tiba saya meminta maaf kepada semuanya,apabila saya ada salah kepada semua sahabat blogger,,,

Berbagi Pengalaman mengatakan...

Memang benar pa, kadang sulit untuk minta maaf apalagi memaafkan. Tapi kalau saya si santai2 ajalah biar ga pusing

yafi blog mengatakan...

ya mas.. saya setuju.. memang minta maaf itu sulit untuk kita lakukan mengingat kesalahan yang pernah kita buat.. tapi apapun kesalahannya, Minta Maaf adalah Cara yang terbaik...

Sejarah_Bangsa mengatakan...

Kadang minta maaf emank bener2 susah Sob.. soalnya banyak orang punya gengsi yg tinggi.....

Ummiega mengatakan...

Sebentar lagi bulan Romadhon, khusus untuk bang Johnson, pasti saya pernah melakukan kesalahan dan mohon dibuka pintu maaf selebar-lebarnya. Begitu juga untuk semua teman-teman blogger, apabila ada kesalahan yang saya sadari atau tidak ketika berkomentar dipostingan atau cbox, mohon di buka juga pintu maaf untuk saya. Terima kasih.

Tito's Weblog mengatakan...

Sehabis silaturahmi ke Blog ummiega dan bang ferdinand, aku nemu blog bang Johnson.
Salam kenal y bang.

Meminta maaf memang sulit, ada rasa gengsi yang menahan, Tapi ternyata memaafkan jaauuhh lebih sulit. Belajar keihklasan menjadi kunci utama.

salam persahablogan bang,
Best Regards,
Tito's Weblog

Ahmadsyah mengatakan...

salam,,,,,,,,met malam ....

Ummiega mengatakan...

Berkunjung siang hari, semoga tetap semangat dan sukses.

Halaman Samping-nya Inung Gunarba mengatakan...

Pengalaman beberapa, ini perlu dibiasakan sejak kecil dan ini butuh pendidikan keluarga. Ini termasuk juga pengenalan tanggung jawab, sistem reward dan punishment sejak kecil :)

wong cerbon mengatakan...

Ternyata memang sangat sulit untuk memaafkan dan minta maaf bro, mungkin adat dan budaya timur kita ini yang membuat orang sangat sulit untuk mengucapkan kata maaf,

Andi Wong mengatakan...

belum ada post baru ya.. wa BW aj dulu..sembari ningalin jejak dit4mu johnson.. :)

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
bagus artikelnya yang namanya manusia memang kesadaran diri yang masih kurang...good luck ya

AmruSite mengatakan...

mampir lg sob,
Ditunggu postingan barunya,
Salam blogger!

etam grecek mengatakan...

menyambut bulan ramadhan...
saya minta maaf lahir batin kpda smua shabat blogger...

6 Kontes SEO Berbau SCAM 2010 mengatakan...

mohon maaf lahir batin ya sob bila ada salah :)

uniekeinfo mengatakan...

hellouw sob
blogwalking nich :D

al-basri mengatakan...

salam,
menarik topic ini... , semua itu tentunya sulit jika tanpa kerendahan hati dan kesederhanaan diri.

semoga kita saling menghormati dan memaafkan

ANDI WONG mengatakan...

Mampir disini... sekalian liat2 posting baru.. eh blm ad ya.. ? :)

Lina Marliana mengatakan...

kadang aku memaafkan, tp bukan dari hati.. sehingga suatu saat, kemarahan itu datang lagi.. Aku musti banyak belajar untuk bisa menerima org lain apa adanya, dan memaafkan dengan ikhlas..

Ayub Adiputra mengatakan...

memaafkan dan meminta maaf memang sulit Pak...apalagi kalau sudah berhubungan dengan cinta...hehehe...
tapi manusia akan lebih mulia jika mereka mau memaafkan dan meminta maaf...walaupun sakit...

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

hmmm bener sekali mas sebagian orang berfikir memaafkan atau meminta maaf adalah hal sulit, tidak demikian jika kita mempunyai jiwa besar dan mengkesampingkan ego..
selamat menjalankan ibadah puasa mas, mohon maaf atas segala kehilafan
Sukses Slalu!

RifkyMedia™ mengatakan...

Memaafkan dan meminta maaf memang perlu kelapangan hati,selamat berpuasa bagi semua disini

goeztcool mengatakan...

Belajar dari pengalaman memang sering kali mema'afkan sangatlah susah,mulai sekarang hari ini mari kita salin mema'afkan...

etam grecek mengatakan...

datang lagi nh bang............

Tutorial, Tips, Trick, Info. mengatakan...

minta maaf sulit.. memaafkan sulit.. u.u harus gimana tu ya?

uniekeinfo.co.cc mengatakan...

blogwalking om :D

mas kholiq mengatakan...

SELAMAT BERIBADAH PUASA
Mampi sob,,, tulisan-menarik.blogspot.com

bluethunderheart mengatakan...

blue datang menyemangati mas
salam hangat dari blue

Zona Indonesia mengatakan...

Ada caranya mengendalikan kemarahan.. ketika sedang bergiri maka duduklah.. ketika sedang duduk ... maka shalatlah.. niscaya rasa marah akan hilang. Mema'afkan lebih sulit daripada meminta ma'af. Peace :)

Travel Jakarta Bandung mengatakan...

sebenarnya menurut saya jika setiap orang mempunyai karakter pemaaf didalam diri kita, maka orang lain yang mempunyai salah pada kita, maka sudah seharusnya kita memaafkan sebelum orang tersebut meminta maaf.. :)

Zona Indonesia mengatakan...

Blognya dipasang apa ...selalu redirect ke alamat ini... epagos.21259.asklots.com apakah ikkutan affiliet

Asep sukarman mengatakan...

Jika hanya mengatakan kata maaf itu mudah, namun membebaskan diri dari rasa benci dan marah adalah susah.

Salam Hangat

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

mampir sore menjelang berbuka mas hehe
selamat berpuasa..
Sukses Slalu!

anisayu mengatakan...

Mat malam bagus blognya hehehe mampir kawan!!!

anisayu mengatakan...

Hadir lagi ... mat pg!!!!

CucuOmaTuka mengatakan...

Berkunjung sekaligus memohon maaf...

Muhammad Taqi mengatakan...

ane berkunjung nih gan :)

selamat berpuasa yah :)

di tunggu kunjungan baliknya :)

msafru mengatakan...

Setelah meminta maaf yang penting jgn mengulangi kesalahan yg sama

Skydrugz mengatakan...

ini waktu yang tepat untuki minta maaf

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

senang rasanya bisa berkunjung kesini lagi stlh sekian lama vakum

Ce5TeR Band mengatakan...

berkunjung ke blog sahabat

Cara membuat sitemap Blogger mengatakan...

bener jga sob,saya jga ada masalah dengan temen,susahnya minta ampun .thanx informasinya ..

anak nelayan menjadi anak smp mengatakan...

setuju sekali kawan

rizal mengatakan...

memamafkan adalah hal yang mulia, orang yang pemaaf itu hidupnya lebih panjang umur....

BUNTU mengatakan...

Tuhan sangat merindukan org yg berjiwa pemaaf...

suryadewa mengatakan...

walaupun saya sudah koment di tulisan ini saya koment lagi dan berterimakasih untuk sobat karena sudah koment di site aq... sukses sobat

Sex Education mengatakan...

kalo saya paling sulit itu memaafkan bos pa lagi kalo sudah menginjak-nginjak harga diri

MalangKaya Business Center mengatakan...

tak sulit untuk membuat orang jera dan takut, semua bisa melakukannya. Tapi memberi maaf orang lain atas kesalahan yang telah ia perbuat, itu akan menimibulkan kesetiaan..

read more on <a href="http://inspirasi-pemuda.blogspot.com>Inspirasi Pemuda</a>

Anisayu mengatakan...

Mat siang!!!! singgah lg!!!

e-alkes blog mengatakan...

Untuk meminta maaf dibutuhkan keberanian luar biasa, dan untuk memaafkan dibutuhkan kedewasaan yang luar biasa

Buku Ishihara mengatakan...

Maaf..permisi numpang lewat...maaf :D

zen mengatakan...

wah, tersanjung saya kawan :)
artikelnya mengena sekali... terima kasih sudah berkunjung ya kawan, saya tunggu lagi kunjungannya :) jangan lupa berkoment maaf hehe

Faril mengatakan...

iya,,untuk mengucap: "maafkan aku atas kesalahan (disebut kesalahan kita)" emang sangat sulit..apalagi kalau orang yang kita salahi tidak tahu kesalahan kita (semisal kita sering ngomong yang jelek tentang dia)..

Smoga kita jadi pribadi yang mau memaafkan kesalahan orang lain sebelum mereka minta maaf pada kita...

minal aidzin wal faidzin...

reybabtista mengatakan...

kritis banget artikel ini..makasih ya tegurannya :)

Sekarung Info mengatakan...

saya minta maaf nih bos :) selamat hari raya ya...

Cybers mengatakan...

iya om emang benner minta maaf kadaang susah di ucapkan

Ambar mengatakan...

iya hanya orang2 yang berjiwa besar yang bisa mengakui kesalahannya,, mumpung masih dalam suasana lebaran.. sekalian minta maap ni pak..

Dony mengatakan...

saya salah satu orang yang 'ragu' meminta maaf. Tapi bukan karena egois... melainkan karena malu. Malu mengaku salah

leedull mengatakan...

Iya sob,,susah terkadang ,,,memang kodrat manusia kadang mempunyai sifat gensi kadang,,thankz da kunjung blogQ...salam knal

isal mengatakan...

makasih mas...

dengn begitu saya bisa dapat pelajaran tentang memaafkan atau meminta maaf...

Rama Sejati mengatakan...

Artikel yang bagus !

Barangkali informasi mengenai "sulit mema'afkan" berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Sulit Mema'afkan ?

tips keluarga harmonis mengatakan...

Meminta maaf adalah sikap mulia dan memaafkan sikap sangat mulia

Program Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

artikelnya bagus nih,,,,,,,,, dengan memafkan membuat hati lebih tenang

Jasa Tesis IlmuKomputer mengatakan...

emang bener pada dasarnya banyak bgt org yang susah mengeluarkan maaf apalagi kalo masih tk.emosinya tinggi,,,,,

Source Code Penjualan Multi User mengatakan...

mulai deh belajar memaafkan,,,,,, tu lebih bagus

SOurce Code Toko Online mengatakan...

banyak memafkan deh jangan menunggu biar hatinya tenang

Source Code SMS Gateway mengatakan...

keluarkan penyakit hati nya deh,,,, memaffkan terlebih dulu atau meminta maaf terlebih dulu itu lebih mulia,,,,

Source Code SMS Akademik mengatakan...

nah meminta maaf atau memafkan lebih baik tuh,,,,,

Source Code PHP mengatakan...

artikelnya ciiiiiiiiiiip

Skripsi Informatika mengatakan...

bagus,,,, informasinya,,,, ciiiiiiiiiip

Tiva Fatimah Keizer mengatakan...

semoga bisa saling memaafkan dengan ikhlas,,

Jefry mengatakan...

memang sulit untuk memaafkan seseorang namun bila kita meoncoba memposisikan diri menjadi mereka, Insya Allah akan mudah memaafkan seseorang

Poskan Komentar