Selasa, September 28, 2010

Jangan Pernah Menunda Untuk Membantu Orang Lain

Jangan Pernah Menunda Untuk Membantu
Kadang kita menyepelekan perkara-perkara kecil dan sering menunda-untuk melaksanakannya terlebih bila tidak menyangkut diri kita sendiri, penundaan apalagi berkaitan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan akan merugikan banyak pihak. Keterlambatan satu hari pun akan berakibat fatal, seperti ilustrasi berikut.

Seorang wanita setengah baya bernama Lilis, berjalan gontai pulang kerumah dengan raut muka sedih, ia baru saja mendatangi teman-temannya bermaksud meminjam uang untuk keperluan berobat suaminya yang sakit parah. Semua teman yang dijumpai tidak dapat meminjamkan dengan berbagai sebab, Dini sahabatnya sewaktu SMA berkata, “wah sori ya Lis kalau saat ini aku masih ada keperluan untuk bayar arisan, mungkin minggu depan aku baru bisa bantu", lain lagi dengan Ericka sahabat karibnya sewaktu masih kuliah juga tidak dapat meminjamkan, maaf banget ya Lis, hari ini aku sudah janji dengan bu Endang untuk shopping, minggu depan aja ya saat gajian, aku akan bantu", bahkan Darwis mantan kekasihnya sewaktu kuliah pun tidak dapat membantunya dengan alasan uangnya dipergunakan untuk membayar cicilan motor.

Karena tidak mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya, akhirnya suami Lilis meninggal dunia. Satu minggu kemudian Dini, Ericka dan Darwis datang berkunjung dan bermaksud memberikan pinjaman kepada Lilis, akan tetapi dengan wajah sedih Lilis menolaknya dan berkata “maaf teman-temanku, aku tidak dapat lagi menerimanya, sudah terlambat karena suamiku sudah meninggal 5 hari yang lalu”. Dini, Ericka dan Darwis merasa sedih dan sangat menyesal mengapa waktu itu mereka tidak segera membantu, padahal mereka mempunyai kesempatan untuk melakukannya.

Terkadang tanpa kita sadari ketika ada orang datang meminta bantuan, sering kali kita menunda-nunda untuk memberikan bantuan dengan berbagai alasan dan berpikir apakah orang tersebut layak untuk ditolong, bahkan lebih ekstrim lagi bila dalam menolong orang lain kita selalu mengukur untung-ruginya.


Kisah ilustrasi diatas mengajak kita untuk segera memberikan bantuan dan jangan pernah menunda untuk membantu orang lain, jangan sampai kita menyesal dikemudian hari karena sudah terlambat melakukannya, selagi ada kemampuan dan kesempatan berikanlah bantuan kepada orang yang membutuhkan.



YMads.com
CPM Advertising

83 komentar:

Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar mengatakan...

Menunda perbuatan baik akan menyumbat rejeki, sharing yang menarik pak jhon

ginanjar mengatakan...

Berbuat baik janganlah ditunda2 (Bimbo), pemberian bantuan untuk sesuatu yang urgent apalagi yang menyangkut dengan nyawa seharusnya lebih diprioritaskan.....

Butik Bella mengatakan...

Kisah sedih..
Uang memang bukan segala-galanya..
Namun tanpa uang, kita serasa tidak dianggap apa2.. hiksss hiksss
Untuk itu, perlunya menabung sejak dini dan bekerja keras. Memotivasi diri agar tidak bergantung dan berharap pada orang lain..
Maksih cerita nya mas..
Keep Spirit :)

Andi Wong mengatakan...

itu benar sekali johnson... terkadang kita memang lalai terhadap hal2 yg semacam ini...bagi kita memberikan bantuan kpd org lain tersa begitu memberatkan apalgi menyangkut uang.. ya tergantung dari tingkat ekonomi & hati nurani kita..

lina@women's perspectives mengatakan...

Terima kasih pencerahannya...akan saya ingat2 nih

Ferdinand mengatakan...

Wah iya ya Sob.. makasih udah diingatkan... untung itu cuma Ilustrasi... bener sekali Sob... jangan pernah menunda untuk membantu orang lain.... Soalnya klo kejadian itu kita alami kita pun gak mengharapkan bantuan yg terlambat dari orang lain...

Semangat n happy blogging Sob... sangat menginspirasi...

berpikir positif mengatakan...

apapun mungkin kalau untuk melakukan kebajikan jangan menunda-nunda, dan itu penyakit saya pak suka menunda-nunda mudah-mudahan saya bisa merubahnya

Johnson Manurung mengatakan...

@ Iklan Baris : setuju sahabat
@ Ginanjar : betul Pak, kita bisa lihat skala prioritasnya ...
@ Mba Bella : betul mba kita harus mandiri, bekerja keras dan peduli terhadap sekitar kita.
@ Bang andi : betul bang semoga saja kita peka pada kesusahan orang lain.
@ Bu Lina : sama-sama bu
@ Mas Ferdi : betul mas, ini juga tuk mengingatkan saya tuk peduli dengan lingkungan.
@ Pak Munir : sama pak, saya pun sedang berusaha untuk mengurangi sifat lupa.

Azis Lamayuda mengatakan...

Sebenarnya dalam hidup ini, hal apapun jangan pernah ditunda-tunda, kerjakan apa yang bisa segera kita kerjakan, berikan apa yang bisa kita berikan. Ilustrasi diatas sungguh mengandung banyak makna, semoga rekan-rekan yang telah membaca ini bisa mengambil hikmah dari kejadian diatas. Banyak manfaat yg dapat kita ambil.

Terima kasih kawan... ini sangat bermanfaat dan mengingatkan kita semua, terutama bagi saya sendiri. Sekali lagi THX ...

penghuni60 mengatakan...

ada sebuah pepatah yg aku jadikan motto dlm hidupku,
"kalo bisa dilakukan hari ini, kenapa hrs menunggu besok..."

Asis Sugianto mengatakan...

Tolong menolonglah sesama manusia........

Johnson Manurung mengatakan...

@ Azis Lamayuda : betul sekali sahabat apa yg dapat kita kerjakan hari ini jangan ditunda hingga esok.
@ Penghuni60 : tepat sekali sahabat
@ Asis Sugianto : setuju sahabat

Popi mengatakan...

bener banget..kadangjkala kita suka nunda dan mikir: ah,..besok aja deh ngasihnya!! (padahal kita ga tau, sapa tau besok kita mati ya? )

wandhe mengatakan...

betul banget tuhh,, jangan pernah menunda,, kalau sesuatu pekerjaan ditunda2 ntar malah males ngerjainnya, hahaha

Superleague Formula mengatakan...

setuju... tapi masalahnya, kita sendiri tidak dalam kondisi siap membantu ketika seseorang butuh pertolongan kita...

Johnson Manurung mengatakan...

@ Popi & Wandhe : betul sahabat sesuatu yang bisa dilakukan saat itu tidak perlu ditunda.
@ Superleague Formula : betul sahabat kita akan bantu bila memang kita mampu.

tomo mengatakan...

Setuju sekali kawand kita harus cepat untuk membantu selama ada waktu dan kemampuan dengan segera.

Toh semua itu pasti ada kebaikan yang akan kita dapatkan nantinya di mata manusia dan Tuhan

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi kepada kita esok, dan itulah sebabnya sekarang merupakan saat untuk mulai memperlihatkan kasih kita melalui tindakan-tindakan kecil, paling tidak berbuat sesuatu yang berarti untuk orang-orang di sekeliling kita.

Salam hangat selalu.

bliyanbayem mengatakan...

niat baik seharusnya jangan ditunda-tunda..
salam! ^_^

razbie mengatakan...

sedih yaa,,, kebaikan itu memang ga bole ditunda

sijagur mengatakan...

apabila kita memiliki niat baik memang jangan pernah ditunda2... apabila ditunda maka akan menyesal nantinya..

Bendera Setengah Tiang mengatakan...

kejadian esok sapa yang akan tahu ... jadi jangan pernah menunda sesuatu untuk kebaikan ....

Johnson Manurung mengatakan...

@ Mas Tomo : setuju sekali mas
@ bang Iwan : iya bang tindakan sekecil apapun tentu akan berarti bagi orang lain.
@ Bilyanbayem, Razbie, Sijagur, Bendera : memang tindakan baik seharusnya harus disegerakan dan jangan ditunda-tunda.

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ada yg bs saya bantu pak..? ^^

MULTIMEDIA SMKN 4 SEMARANG mengatakan...

bagus sekali....
saya setuju bgt..
semoga kita bisa mlakukanya..
dan dengan ikhlas...

Teras Info mengatakan...

Arikelnya sangat memotivasi sekali Mas...
ya...kita memang seharusnya tidak boleh menunggu-nunggu untuk menolong orang lain, apalagi jika sudah ada orang secara langsung yang meminta bantuian kita, tapi terkadang suka berat juga Mas...buat melakukannya....
tapi mudaha-mudahan saja kita bisa melakukan apa yang telah di tulis dalam artikel Mas ini...

aryadevi mengatakan...

pernah....karena sudah tertanam dihati, maka seorang korban menolong orang yang akhirnya menjahatinya..dan dia menjadi korban. Tapi hal itu tidak membuat jera...sikorban terus saja menolong dan menyadarkan yang menjahatinya...hingga mati.

Johnson Manurung mengatakan...

@ Tukang Colong : sering2lah berkunjung sahabat, ha3x
@ SMKN 4 Semarang & Teras Info : betul sekali sahabat, saya pun mencoba untuk dapat melakukannya.
@ Aryadevi : ah ... sungguh sangat luar biasa sekali.

Ilham mengatakan...

Jangan pernah menunda-nunda niat baik kita.

CahNdeso mengatakan...

Hormat dan salam perdamaian, Bang ! Aku tak pernah berpikir, bahwa ada juga orang "bank" yang masih perduli pada nilai-nilai kasih sayang, dan siap menomor dua-belaskan egoisme dan kepentingan pribadi. Bang Manurung... God bless you...!!!

aciid !!!!!! mengatakan...

semua pasti ada hikmahnya :)

owh iya lam kenal yaa.....

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

betul bget...sejalan dengan puisi baru ku.

kartu kredit mengatakan...

Niat baik akan berbuah kebaikan juga,...salam sukses...sob.

Johnson Manurung mengatakan...

@ Ilham : betul sahabat
@ CahNdeso : sama sama sahabatku
@ Acid : salam kenal juga sob
@ Bang Willyo : segera berkunjung bang
@ Mas budi : betul mas

Cakrawala Dunia mengatakan...

mari kita semua ringan tangan menbantu sesama,

TUKANG CoLoNG mengatakan...

mari saling mengunjungi....^^

tambelan mengatakan...

Untuk sesuatu yang baik, lebih baik jangan di tunda-tunda.... .... salam dari TambelanBlog

Cara daftar Yahoo koprol mengatakan...

bener jga sob,memang perlu begitu ya...:)

Bunglon Blog Indonesia mengatakan...

saya setuju mas perbuatan baik harus disegerakan tidak baik untuk ditunda², ikhlas dalam membantu orang lain
Sukses Slalu!

safru mengatakan...

Membantu adalh perbuatan terpuji, apalagi kalau kita mampu kenapa harus ditunda?????

Johnson Manurung mengatakan...

@ Cakrawala Dunia : setuju sahabat
@ Tukang Colong : ok sahabat
@ Tambelan : betul Pak & salam kembali
@ Tempat Dollar : setuju sahabat
@ Bunglon Blog & Safru : betul sahabat untuk berbuat baik jangan ditunda-tunda

Puguh dp mengatakan...

wah ini artikel yang sangat inspiratif dan memberi motivasi bagi kita utk selalu berusaha memberi manfaat bagi orang lain sesuai kemampuan yg kita miliki ..

Met aktifitas Pak ..

TUKANG CoLoNG mengatakan...

gag posting2 nih brader?

Run-D BLoG mengatakan...

Jika bener mereka lbh membutuhkan bantuan kita, ga ada salahnya memyampingkan kepentingan kita..palgi menyangkut kepentingan nyawa seseorang

Manchester United Tech | Berita Sepak Bola mengatakan...

Bener banget sob, kita memang harus menolong sesama, kan gak ada ruginya juga...

wira mengatakan...

membantu sesama emang sudah seharusnya...ini aja sekalian bantu traffic ...hehe

Johnson Manurung mengatakan...

@ Puguh DP : semoga kita berarti bagi orang lain
@ Tukang Colong : belum brader
@ Run-D Blog : setuju sahabat
@ Manchester United : betul sekali sahabat
@ Wira : ha3x bisa saja sob, makasih ya

tomo mengatakan...

membantu orang lain jangan pernah ditunda jika mampu membantunya agar beban orang yang dibantu cepat kelar

uswah islam mengatakan...

jika ditunda maka rasa kemanusiaan orang akan kurang

Hikmah Teladan mengatakan...

Belum ada yang baru pak ya
Orang itu harus saling bantu membantu

Bippi Sm4ile mengatakan...

manusia diciptakan sebagi makhluk sosial, jika kita mampu untuk membantu ya jgn ditunda...

Warna Tulisan mengatakan...

@ Mas Tomo & Uswah Islam : setuju sahabat
@ Hikmah Teladan : dengan saling membantu sesuatu akan menjadi ringan
@ Bippi Sm4ile : betul sahabat

aciid !!!!!! mengatakan...

kalimat yg mnyentu :'(

mav ya bru mampir :)

Blogger Indonesia mengatakan...

tepat sekali mas jhon :)

tomo mengatakan...

Kasihan suaminya Lilis nih.
Ikut belasungkawa

Johnson Manurung mengatakan...

@ Acid & Blogger Indonesia : Thanks ya sudah berkunjung dan komen.
@ Mas Tomo : ha3x bisa aja Mas ....

joe mengatakan...

dalam segala hal, menunda pekerjaan memang tidak baik...

Indahnya Kebersamaan mengatakan...

Setuju aku sob, takutnya kalo di tunda-tunda yang ada malah lupa ntar :)

SyahidaComputer mengatakan...

Betul sekali Pak ... Perbuatan baik jangan sampai ditunda-tunda, sebab waktu tidak berjalan mundur. Kadang dengan menunda bisa-bisa tidak jadi berbuat baik...

tomo mengatakan...

kita harus berusaha membantu sesama dengan kemampuan maksimal

Warna Tulisan mengatakan...

@ Joe : betul sekali sahabat
@ Indahnya Kebersamaan : lupa termasuk kelemahan saya juga sob.
@ Syahida Komputer : dari menunda memang bisa saja jadi tidak berbuat ya sob.
@ Mas Tomo : betul sahabat, kita memabntu semaksimal mungkin dan sebatas kemampuan kita.

tomo mengatakan...

kasihan sekali ibu lilis ini

Anonim mengatakan...

bener ituh paman, artikelnya ngasi pelajaran :)

D3nBa9as mengatakan...

Salam

Cuma mau bilang "Kerjakan apa yang bisa segera kita kerjakan, berikan apa yang bisa kita berikan."

Thanks pa Jhon...

Salam kawan

Belantara Indonesia mengatakan...

Ternyata Weblog inspiratif dan membangun akhlak....terima kasih mas boss dah membuat aku sampe sini...hehehehhehe

anak nelayan mengatakan...

makasih pencerahanya sobat

Johnson Manurung mengatakan...

@ Mas Tomo : betul sekali mas ...
@ Zen : makasih sahabat
@ D2nBa9s : sama2 sahabatku
@ Belantara Indonesia : semoga sajana bermanfaat bagi kita semua
@ Anak Nelayan : sama2 sahabat

Sebuah Tips mengatakan...

Jgn pernah menunda2 kebaikan!

pepep mengatakan...

SETUJU

Media Semarang mengatakan...

Seculi kisah ilustrasi yang bisa mengajarkan kita tuk jangan menunda2 jika ingin membantu orang. Info yang sangat bagus.
Happy Blogging

Internet Tips And Share Info mengatakan...

Setuju benar sekali gan nomor 1...........

enamlima83 mengatakan...

apa susahnya sih bantu oranglain klo kita mampu betul tidak??? tidak

Martos mengatakan...

membantu orang lain, sebenarnya membantu diri kita sendiri. yakinlah akan hal itu.

174 ebook GRATIS mengatakan...

berbagi antar sesama, menolong antar sesama merupakan kewajiban makhluk d muka bumi ini...banyak kisah inspirasi dari blog ini, mantab!

Via-91 mengatakan...

Sedih banget..... Ini adalah merupakan sebuah inspirasi untuk via :(

Program Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

ayooo berlomba-lomba dalam kebaikan

Jasa Skripsi Informatika mengatakan...

selagi mampu kenapa ngga??? tapi kudu iklas tu yg utama

Source Code SMS Gateway mengatakan...

artikel nya bagus,,,,,,,,

Source Code KRS Online mengatakan...

ciiip.....infonya

SOurce Code Toko Online mengatakan...

berlomba dalam kebaikan

Source Code Penjualan Multi User mengatakan...

menabung amal baik,,,,,,,,

Advan Share mengatakan...

postingan yang baik dan mulia, terima kasih telah mengingatkan yang lagi lupa.

http://advanshare.blogspot.com

Video Lucu mengatakan...

Download Lagu Mp3 Terbaru Dan Terpopuler
Samudramusik
Emp3.site
Alfamusik
Tanggamusik Harianlagu

Posting Komentar