Jumat, Maret 12, 2010

Mencintai dan Menikmati Pekerjaan

Mencintai dan Menikmati Pekerjaan
Work is love made visible.

And if you can not work with love but only with distaste, it is better that you should leave your work and sit at the gate of the temple and take alms of those who work with joy.

For if you bake bread with indifference, you bake a bitter bread that feeds but half man’s hunger. And if you grudge the crushing of the grapes, your grudge distills a poison in the wine.

And if you sing through as angels, and love not the singing, you muffle man’s ears to the voices of the day and the voices of the night. (Kahlil Gibran)

Apakah Kahlil Gibran berlebihan bila ia menyatakan adalah lebih baik bagi Anda untuk meninggalkan pekerjaan yang tidak Anda cintai dan duduk digerbang kuil dan mengambil sedekah dari mereka yang bekerja dengan sukacita ?

Bila kita tidak mencintai dan menikmati pekerjaan, kita akan cepat lelah dan merasa bahwa waktu berputar demikian lama sehingga rasa bosan dan jenuh akan mudah hinggap sehingga tidak membawa hasil maksimal. Berbeda jika kita mencintai dan menikmati pekerjaan, dimana segala sesuatunya dilakukan dengan hati sehingga tanpa terasa waktu berlalu dengan cepat. Kuncinya adalah kata cinta, jika Anda mencintai pekerjaan Anda, tentulah Anda akan menjawab bahwa Kahlil Gibran tidak berlebihan.

Setiap pekerjaan, apapun jenisnya tentulah memiliki resiko, bagi orang yang tidak mencintai pekerjaannya resiko tersebut akan dianggap sebagai suatu beban yang memberatkan, berbeda bagi orang yang mencintai pekerjaannya, resiko adalah bagian dari pekerjaan itu sendiri dan dianggap sebagai suatu tantangan yang harus dihadapi dan merubah resiko tersebut menjadi suatu peluang.

Dengan mencintai dan menikmati pekerjaan, akan tercipta kondisi kerja yang menyenangkan, melahirkan kreativitas yang bermanfaat dan memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan tempat kita bekerja yang pada gilirannya memberikan dampak positif bagi kesuksesan individu.

Mencintai apa yang kita kerjakan dan mengerjakan apa yang kita cintai





YMads.com
CPM Advertising

47 komentar:

Ek4zone mengatakan...

Benar skali sob, semangat dan motivasi muncul ketika kita mencintai. ketika kita mencintai suatu pekerjaan, maka secara alami kita juga lebih bersemangat mengerjakan pekerjaan itu.

Bunga mengatakan...

Aku mencintai pekerjaanku sob. Wangi, segar dan menyenangkan banyak orang.
Salam sukses selalu dari negeri bunga sob.

red mengatakan...

inspiring notes

al-basri mengatakan...

salam,
saya setuju sob, sememangnya kita harus mencintai pekerjaan kita atau setidaknya kita harus belajar mencintai pekerjaan kita.
kalau kerja sekedar karna gaji, pasti kita akan ketinggalan dalam 'productivity'...

semoga artikel ini bisa membawa kita merenung sebentar 'apakah kita pekerja yang lelah dan tiada visi?
terima kasih sahabatku

narti mengatakan...

betul sekali, tapi tidak semua orang bisa mencintai pekerjaannya.

sda mengatakan...

artikel yg mencerahkan.
makasih sudah berbagi.

Ferdinand mengatakan...

Setuju Sob...apapun mesti dinikmati termasuk pekerjaan .... N klo ga dicintai susah juga kayanya soalnya kita sedikit dari waktu kita dipekerjaan hhe....Chayo Sob...tetep Semangat....

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
apa yang kita kejakan hendaknya kita cintai,dan memberikan porsi yang tepat,bagus postingan ini saya setuju dan merasa memberikan sebuah inspirasi thnxs n good luck ya

pasang iklan gratis mengatakan...

mencintai suatu pekerjaan adalah hal yang mudah, yang sulit adalah menjaganya agar tetap mencintai

tetap semangat bekerja dan berkreatifitas untuk bangsa dan negara.

salam

van mengatakan...

emang bener banget yang dikatakan kahlil gibran...
ak sudah cukup snang bkerja didpan kompie, wlaupun gajinya sedikit,,,hehehe

Blogger Terpanas mengatakan...

Mencintai apa yang kita kerjakan dan mengerjakan apa yang kita cintai
mungkin ini yang harus mulai saya bangun kembali. terima kasih tipsnya ya...

Sharing Ilmu mengatakan...

Bener bang..
mengerjakan pekerjaan yg tidak di sukai itu hawanya ngantuk molo, cepet lelah..
kl yg disukai kayaknya enak aja ngerjainnya...

kartu kredit mengatakan...

Terkadang mencintai pekerjaan masih belum cukup, bagaimana bila pekerjaan tidak mencintai balik ?

Iklan Denpasar mengatakan...

Yang membuat kita betah dgn pekerjaan tersebut karena :
a. Kita mencintai pekerjaan/ menyukainya.
b. Bayarannya memadai
c. Mampu mengerjakannya.
d. Lingkungan tempat bekerja.

aan mengatakan...

wajar dan manusiawi kalo kita kadang mengalami titik jenuh dalam bekerja,meski bosan sedang melanda,kita harus bersyukur bisa memperoleh pekerjaan. Apalagi saat ini tidak mudah mencari pekerjaan.,

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Adalah lebih baik jika kita mencintai setiap apapun yang kita kerjakan.
Postingan mantap bang..
Selamat Sore.

fida salma mengatakan...

kunjungan sore hari berharap ada imbalan baliknya

Blogger Ceria mengatakan...

bener bro..
saya kalo kurang suka sama pekerjaan, 5 menit aja uda kerasa capeknya.. hehe

rumah blogger mengatakan...

memang harus begitu, buatlah bekerja senyaman mungkin agar tidak bosan..

sabirinnet mengatakan...

dengan menikmati pekerjaan akan menumbuhkan rasa kecintaan, dan hasilnya pasti memuaskan, wah post yg hebat nich

mas acrom mengatakan...

-apapun pekerjaan itu harus kita cintai ,..:-)

Notes Me mengatakan...

ini artikel dah lama kurasakan dalam pekerjaanku
lama kelamaan makin tak kucintai pekerjaan tetapku

rahmatea mengatakan...

setuju sekali...kita harus mencintai apa yang kita kerjakan dan mengerjakan apa yang kita cintai dengan di barengi sikap tulus ikhlas maka hasilnya akan luar biasa....

Risma Hutabarat mengatakan...

Segala sesuatu yang dikerjakan dari hati akan selalu terlihat pada hasil akhirnya. Kutipan yang penuh makna :)

Blog Perempuan Rumahan
Mommy Mayonnaise
Female Stuffs

akhatam mengatakan...

Wah artikel yang bagus mas.. Memang pekerjaan kita apapun juga, tetapi juga harus tetep mencintainya..

Warna Tulisan mengatakan...

@ Ek4zone, Red, Al-Basri : Terima-kasih sahabat atas kunjungan dan komennya.

@ Bunga : Salam sukses juga untuk negeri Bunga, saya kan berkunjung ke sana.

Munir Ardi mengatakan...

aku juga cinta pekerjaanku mas

Teroris Cinta mengatakan...

helo sobat salam, nice info nech salam sukses selalu, hibur tamu sobat dg ini moga cocok ok Klik sini

netmild mengatakan...

gue si cinta pekerjaan gue tapi gue ga cinta sama orang2 di pekerjaan gue

rahmatea mengatakan...

malam sob,
segala sesuatunya harus dengan cinta.....

Lina Marliana mengatakan...

Emang kita harus mencintai apa yang kita kerjakan agar bisa sepenuh hati dan hasilnya bisa optimal sesuai dengan harapan..
Nice post sob.. Salam kenal yah.. :)

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

saya mencintai dan sekaligus bangga dengan pekerjaan saya bang..

netmild mengatakan...

aduh kalo aku gmn ya aku si kurang cinta ma gawean sekarang ini..tapi aku bangga

aan mengatakan...

kunjungan malam mas,
met istirahat salam sukses selalu..

indi gsm mengatakan...

nice blog from indi

Siapapun Suka mengatakan...

yups...apapun kerjaanny...minumanny tetep...kesukaan.....enjoy aja...:)

info game mengatakan...

wah aku suka ini

lina@home sweet home mengatakan...

Sangat mencerahkan, Pak Johnson...
Yang jadi idaman adalah mengerjakan apa yang kita cintai; banyak yang masih terpaksa karena tidak ada pilihan lain...

Sebalai mengatakan...

It's nice post for a life and loving

munir ardi mengatakan...

bagus sekali tulisannya pak, mari cintai pekerjaan kita

Blogger Indo mengatakan...

wah betul sekali tu..mamenag kalau kita tidak cinta sama pekerjaan kita, mau kerja tu bawaannya males terus...

Ummiega mengatakan...

Berat dan ringannya melakukan sesuatu terletak pada hati yang memerintah otak. Bila perintah hati ke otak adalah kesulitan, maka otak akan memerintah seluruh tubuh untuk merasa sulit. Benarlah yang dikatakan oleh Kahlil Gibran di atas.

tiwi mengatakan...

apapun pekerjaan kt, apabila kt menyukainya, kt akan merasa enjoy dlm melakukannya, walopun pd saat2 tertentu memerlukan tenaga dan pikiran ekstra, tetapi krn kt menyukainya, kt tetap enjoy dan hslnya lbh maksimal.

Dony mengatakan...

Mencintai pekerjaan ? Mungkin bisa, tapi untuk loyal di perusahaan tsb, tergantung faktor sallary juga.. karena menyangkut hidup layak apalagi utk berumah tangga.

toko bunga mengatakan...

salam kenal

yoetama mengatakan...

i love my job,, hehe tapi lebih sayang dan cinta keluarga,, sekalian ikut mejeng Voucher Hotel Murah di Rajakamar.com kalo g berkenan silakan hapus,,maaf

oto_comunity mengatakan...

sungguh mengagumkan,,

pekerjaan itu ibarat sebuah game kehidupan...

Poskan Komentar