Selasa, Maret 23, 2010

Tanaman Purba

Diperkirakan tanaman purba sudah ada sejak 230 juta tahun yang lalu, jauh sebelum dinosaurus hidup dimuka bumi, karenanya sebagian besar peneliti menyebutnya fosil hidup, sejarah mengatakan bahwa dinosaurus herbivora dizaman itu menjadikan tanaman purba sebagai bahan makanan yang paling gampang dijumpai (pada masa prehistoric).

Pertanyaannya adalah bagaimana bisa fosil hidup itu bisa jadi tanaman hias yang menjadi incaran para maniak tanaman SUPER TUA dan SUPER MAHAL !?!?!?!!?

Alasan yang paling masuk akal adalah karena hobi ataupun prestise yang akan diperoleh apabila memiliki tanaman sejenis ini. Adalah suatu kebanggan tersendiri yang tidak dapat diukur dengan materi apabila memilki tanaman purba yang nota-bene :
+ Pertumbuhan super lambat
+ Masuk kedalam tanaman dilindungi
+ Pengembang-biakan tergolong sulit
+ Tanaman langka yang saat ini sangat sulit ditemukan

Salah satu contoh tanaman purba Indonesia sebut saja salah satunya SIKAS NAGA (Cycas Affinity Rumphii) yang banyak terdapat di pulau Lihukan (diantara perairan laut Flores dan laut Sulawesi) disana pertumbuhan tanaman purba ini tergolong subur dan populasinya bisa dibilang stabil, bagaimana tidak ! Karang tajam dan ikan Hiu yang mengelilingi pulau sudah cukup buat nyali pemburu liar tanaman purba bertekuk lutut he….2x jadi jangan coba-coba buat nyolong tuch tanaman dari habitatnya coz nyawa taruhannya, penasaran dengan modelnya nich :


Tanaman Purba



Tanaman Purba



Tanaman Purba


Lain lagi dengan Encepalartos (Ence) salah satu jenis tanaman purba asal Afrika yang sekarang kerap menjadi buruan para kolektor kelas kakap, harga tanaman biasanya ditentukan dari besaran bonggol (caudex) dengan perhitungan 1cm berkisar antara 1jt s/d 1.5jt dan yang membuat harga tanaman ini bertahan karena pertumbuhan yang super lambat 1 tahun = +/- 1 cm, tanaman jenis ini sudah masuk kategori Cities 1 (tanaman dilindungi) , adapun jenis-jenis tanaman Ence yang menjadi favorite belakangan ini antara lain: E Horridus, E ferox, E Manikensis, E Natalensis, E Lebomboensis, E Gratus, E Altensteinii.


Tanaman Purba



Tanaman Purba



Tanaman Purba


So……..tentukan pilihan Anda untuk memelihara Fosil Hidup zaman purba sebagai penghias rumah atau ke museum dinosaurus melihat fosil dinosaurus yang makan nich tanaman he………2x atau Anda lebih suka keanggunan suatu tanaman atau tanaman berjenggot. Wasalam.



YMads.com
CPM Advertising

42 komentar:

Sharing ilmu mengatakan...

wah cocok dgn namanya purba..
model nya jg sepertinya tua bgd tanamannya...
tp sepertinya harga nya mahal iaa bang ??

ukhra mengatakan...

nice info sob :D

ina mengatakan...

hemmm... gambarnya jg jadul :D
hihihihihi :D

Music, Film dan Artis mengatakan...

Wow Bagus sekali pohonnya pasti amat mahal harganya tanaman tertua kalau dihitung2 berapa generasi umur kita

netmild.com mengatakan...

nanti kalo dah punya rumah sendiri ga kontrak hehehe pasti tanemin kek gini thsnks info sob

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

tanamannya emang unik banget yah bang?

kalau yang di bawah rasanya pernah lihat

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

yang pertama sejenis palm yah Bang?

sibarani mengatakan...

weee...boleh tu info y
please visit my blog...

Ferdinand mengatakan...

Wah kpn yach aku bisa punya yg kaya gtu hhe.....Ortu ku suka sama tanaman Sob hhe...

Bentuknya Lumayan Unik hhe....

makasih sob info'y...

darahbiroe mengatakan...

wow guede banget yaw keliadatanya heheh
pantas ajah tanaman purba namana :LD

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
makasih
:D

antok mengatakan...

nice post sob
jadi tambah pengetahuan na nuyyy makasih yaw

blogwalking

msafru mengatakan...

Kalau yang encepalartos saya dah pernah lihat tapi kalau yang sikas naga belum pernah

aan mengatakan...

tanaman yang unik dan eksotis..

Risma Hutabarat mengatakan...

Kalau sudah namanya hobi, apalagi untuk mereka yang memiliki budget tidak terbatas, tanaman seperti ini memang tidak seberapa ya, to. Karena kebanggaannya adalah lebih kepada gengsi karena bisa memiliki tanaman unik seperti itu. Padahal harganya bisa sama dengan harga rumah tipe 54 sekarang ini. Ckckckc...

Blog Perempuan Rumahan
Mommy Mayonnaise
Female Stuffs

narti mengatakan...

pic yg atas belum pernah lihat...
makasih artikelnya.

van mengatakan...

mengenal sejarah kembali bro,,
makasih sharingnya negh

Facechan mengatakan...

yang kedua kayak pohon nanas yah...

Asep Sukarman mengatakan...

lagi senang koleksi tanaman hias yang unique ya ??

salam

kartu kredit mengatakan...

Tanaman purba bisa bertahan hingga kini ? pasti ada kelebihannya secara genetik.
Nice post sob......

kuta hotel info mengatakan...

Hampir mirip dengan komodo yg tergolong binatang purba, dia mampu menghasilkan antibodi yg luar biasa yg mampu menetralisir air liurnya yg super beracun..hingga kini masih diteliti....manteb postingannya sobat....salam suksess

noenu mengatakan...

nice inpo...
tp gak sanggup belinya..
xixixi :D

Darin mengatakan...

wah baru denger saya ada tanaman purba, ternyata begitu bentuknya ya. buset lambat banget ya pak tumbuhnya ckckck

heru mengatakan...

memang benar sobat harus selalu memelihara tanaman yang sudah langkah, agar kelestariannya terus berlanjut

mimi mengatakan...

menambah ilmu tentang tumbuhan purba...baru ku tahu setelah post mu ini sahabat-ku...

netmild mengatakan...

mantaf ni keknya ane boleh pinta gak hehehe yg kecil aja buat di tanam di belakang rumah

Gugus Sakti mengatakan...

oalah namanya sikas

Dunia iklan online mengatakan...

baru kali ini berkenalan denagan tanaman purba pak jhon, terimakasih atas pengetahuannya

salam

Ekowisata Ujungkulon mengatakan...

Setuju bro, kebanyakan hewan2 purba yang bertubuh bongsor memang pemakan tanaman. Lihat saja hewan2 peninggalan zaman purba yang masih ada sampai sekarang seperti gajah dan badak, kedua jenis hewan itu nggak doyan daging alias herbivora. Percaya atau tidak, badak jawa itu bisa bertahan hidup salah satunya lantaran hewan itu dianggap suci oleh penduduk di sekitar Ujungkulon. Mereka bahkan percaya bahwa jamu yang terbuat dari kotoran badak jawa bisa mengobati berbagai macam penyakit. Salam kenal dan jabat erat buat semuanya..

jabon mengatakan...

kenapa ya tanaman seperti itu pertumbuhanya bisa dikatakan sanggat lambat?

Ambar mengatakan...

aneh2 pohonnya, unik sekali pak johnson..

mixedfreshinfo mengatakan...

memang unik bentuk tanaman purbanya, patas diburu para kolektor

engagement rings mengatakan...

Bentuknya unik ya.
Harganya mahal mungkin karena ada nilai lebih dari kepurbaannya...tanaman ini langka juga?

artiirhamna mengatakan...

Encepalartos memang langka dan kalau tidak salah satu tanaman ini, ada di indonesia... waktu itu saya baca infonya sudah lama di sebuah majalah tanaman. :D semga tanaman ini bisa dilestarikan y!!

ProgrammerCode mengatakan...

Dulu saya punya tuh,, tapi udah dijual.. lumayan jg hasilnya

bung jamil mengatakan...

Informasinya bagus.

Samuel adinugraha mengatakan...

nice article bro..


pasti harganya mahal..
karena faktor langka dan tua..
yang saya mau tanya:
tanamannya asli gak?
bisa aja orang palsuin bro..


Music
Inspirasi Samuel

iphone mengatakan...

Great post. Want to Link Exchange? Thank you
http://iphone.x10.bz

Kian Coi mengatakan...

Kayaknya patut jadi perhatian tuh, jangan sampai kita cuma bisa bicara doank sm ank cucu kita kelak - karena terjadinya pencurian dan perburuan besar-besaran yang bisa mengakibatkan kepunahan bagi si tanaman langka ini...!!!

Blogger Indo mengatakan...

waow informasi bagus..memang tanaman ini patut jadi perhatian publik

Dony mengatakan...

Tapi emang 'indah' seh... saya juga mau. Hehe..

Indonesia Ku mengatakan...

o ya..ada juga tanaman purba....info yang menarik..smg masih bisa bertahan....salam

Anonim mengatakan...

Ahaa, its fastidious discussion concerning this paragraph here at this
weblog, I have read all that, so now me also commenting here.


Feel free to visit my blog post ... discovery shores boracay

Poskan Komentar