Selasa, Mei 18, 2010

Gejala Dini Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan NarkobaPenyalahgunaan pemakaian Narkoba (Narkotik dan obat-obatan) dewasa ini meningkat tajam terutama dikalangan remaja usia 15 – 24 tahun, hal ini mengindikasikan bahwa setiap saat bisa saja anak-anak kita menjadi korban Narkoba.

Meski upaya pencegahan penyebaran Narkoba telah dilakukan oleh Pemerintah dan institusi terkait, namun tanpa bantuan masyarakat/para orang tua, tentu saja tidak akan maksimal. Perlu adanya sosialisasi dari Pemerintah atau institusi terkait lainnya kepada masyarakat luas mengenai Narkoba secara detail.

Berikut gejala dini penyalahgunaan Narkoba pada kalangan remaja usia sekolah sebagaimana dikutip dari BNN/Majalah Polisi

Ciri-ciri umum :
  • Susah diajak bicara
  • Mulai sulit untuk diajak terlibat dalam kegiatan olahraga
  • Mulai pulang terlambat tanpa alas an jelas
  • Mulai berani bolos

Ciri-ciri penyalahgunaan Narkoba

1. Perubahan fisik dan lingkungan sehari-hari
  • Jalan sempoyongan, bicara pelo, tampak terkantuk-kantuk
  • Kamar tidak mau diperiksa atau selalu terkunci
  • Sering menerima telepon atau tamu yang tidak dikenal
  • Ditemukan obat-obatan, kertas timah, jarum suntik, korek api di kamar atau di dalam tas.
  • Terdapat tanda-tanda bekas suntikan atau sayatan dibagian tubuh
  • Sering kehilangan uang atau barang di rumah.
  • Mengabaikan kebersihan diri.

    2. Perubahan perilaku sosial :
    • Menghindari kontak mata langsung
    • Berbohong atau memanipulasi keadaan
    • Kurang disiplin
    • Bengong atau linglung
    • Suka membolos
    • Mengabaikan kegiatan ibadah
    • Menarik diri dari aktivitas bersama keluarga
    • Sering menyendiri atau bersembunyi di kamar mandi, di gudang atau ditempat tertutup

      3.  Perubahan Psikologis
      • Malas belajar
      • Mudah tersinggung
      • Sulit berkonsentrasi

      Dampak psikologis dan sosial lain secara umum
      • Emosi yang tidak terkendali
      • Kecenderungan berbohong
      • Tidak memiliki tanggung jawab
      • Ubungan dengan keluarga, guru dan teman serta lingkungannya terganggu
      • Cenderung menghindari kontak komunikasi dengan orang lain
      • Merasa dikucilkan atau menarik diri dari lingkungan
      • Tidak peduli dengan nilai atau norma yang ada
      • Cenderung melakukan tindak pidana kekerasan

      Resiko pemulihan penyalahgunaan Narkoba
      • Umumnya seorang pengguna Narkoba membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihan kondisi fisik, psikis dan sosial, dalam tahap pemulihan untuk kembali pada kondisi yang wajar, korban harus menjalani program rehabilitasi.
      • Dibutuhkan biaya yang besar, waktu, upaya, kerja keras, disiplin, niat yang kuat dan kerjasama antara keluarga dan lembaga atau pusat rehabilitasi untuk pemulihan.
      • Tidak ada jaminan sama sekali bahwa ia tidak dapat kambuh atau menggunakan lagi, sekalipun seorang pecandu sudah pulih beberapa tahun. Pemulihan adalah perjuangan seumur hidup.



      YMads.com
      CPM Advertising

      48 komentar:

      Barunang mengatakan...

      Mantap bang, artikel yang sangat bermanfaat buat nambah pengetahuan sekaligus bisa melakukan pencegahan sejak dini bila terjadi dilingkungan kita.

      TintaBesi mengatakan...

      Wah wah, patut dibaca nih. Siapa tahu salah satu diantara teman2 kita memakai narkoba dengan cara melihat perilakunya

      taris mengatakan...

      good info..thanks

      cucu mengatakan...

      makasih buwat infonya kk...

      al-basri mengatakan...

      hal ini juga terjadi di negara saya, memang masyarakat harus membantu pemerintah.
      ironisnya, banyak juga masyarat yang ambil mudah dengan menyalahkan pemerintah bila anak-anak terlibat dalam gejala ini.

      infonya lengkap sekali, terima kasih

      Seri Bahasa mengatakan...

      penekanan harus ditujukan terhadap pembekal narkoba. hukuman yang lebih keras seperti hukuman mati dan penyitaan harta mereka yang bersalah membekal narkoba mungkin jalan yang terbaik.

      Bunglon Blog mengatakan...

      dalam masalah seperti ini butuh kerja sama dari semua fihak terutama dari orang tua, lebih memperhatikan pola hidup putra putrinya agar tidak terjerumus kedalam narkoba...membangun sekali mas infonya!
      sukses slalu!

      etam grecek mengatakan...

      akhir'' ini mmng sngt memprihatinkan....mau jadi ap generasi muda kita....tragis...

      Ferdinand mengatakan...

      Temen ku banyak yang Kecanduan narkoba jadi aku sedikit banyak bisa ngbedain yg bener ga make n yg make, tapi terutama dari badannya tuh Sob...klo yg make Narkoba biasanya Badannya cepet banget kurus, Matanya juga udah kaya orang ga pernah tidur, pokoknya gampang tuk di bedain...

      Dwi Isnein Evian Syah mengatakan...

      Mantap Bang artikelnya.
      Btw kok ada ya salah satu ciri2 yang disebutkan diatas pada diriku. Tapi aku bukan pemakai Narkoba, palagi pengedar ganja.
      But it's good posting

      mixedfresh mengatakan...

      kalau temen2ku kebetulan ga pada pake narkoba jadi aku ga tau ciri2nya, setelah baca di atas sepertinya prilakunya jadi kaya sedikit psykopat ya

      lina@women's perspectives mengatakan...

      setiap orang tua harus tahu informasi ini...

      akhatam mengatakan...

      Wahh Harus diwaspadai ya sob kalo ada gejala2 tersebut..?? Tx buat infonya!!

      ina mengatakan...

      hiiiiii... ngerii xixixixi...
      thanks kag dah share gejala2nya :D

      cellular mengatakan...

      info yang sangat bermanfaat, thx buat info-nya ya bang John

      aan mengatakan...

      jangan sampe deh kena gejala2 kaya gitu..

      aan mengatakan...

      artikel yang bermanfaat...say no to drugs lah..

      Irvan mengatakan...

      Memang benar gejala2nya seperti itu, soalnya dulu waktu sekolah ada beberapa temen deket sy yg make

      Alasan Penolakan mengatakan...

      Mantafff infonya bisa tambah pengetahuan, sobbb

      tomo mengatakan...

      Orangnya suka emosi jika di ajak bicara

      Uswah mengatakan...

      Tengkyu ya sudah di share

      netmild mengatakan...

      wah gawat bener ya aikbat yang ditimbulkan wah gak coba coba deh

      nikon camera mengatakan...

      makasih banya infonya mas...
      saya jadi tahu...
      mudah"an terjauh dari narkotika...

      nurad1k mengatakan...

      wah makasih mas udah berbagi ilmu..

      indra mengatakan...

      info yg hrus dketahui,
      sipp

      aguestri mengatakan...

      Dengan tekat kuat dan kerja sama semua orang. Bismillah narkoba bisa di bumi hanguskan!!!

      sentraBLOG mengatakan...

      nice article...

      btw admin nya org batak ya...

      wah sama dong kayak adminnya sentraBLOG...hehehe...

      ditunggu kunjungan baliknya..

      tiwi mengatakan...

      mdh2an kami sekeluarga tdk prnh dekat dg brg spt itu...amin...

      Tutorial, Tips, Trick, Info. mengatakan...

      bahaya tuh narokaba hm...

      Sekarung Info mengatakan...

      kok ada sih yang namanya narkoba itu?

      Program Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

      makasih nih artikelnya bermanfaat bgt,,,,

      Skripsi Informatika mengatakan...

      bertambah nih pengetahuan ku,,, makasih infonya,,

      Source Code KRS Online mengatakan...

      hmmm cermati juga lingkungan sekitar siapa tau ada yang mencurigakan,,,,

      Jasa Tesis IlmuKomputer mengatakan...

      awasi pergaulan anak2 kita,,,,,, jangan sampe kena jalannya

      Source Code Perpustakaan mengatakan...

      semakin merambah tuh peredaran narkoba,,,,,,,

      iklan baris gratis mengatakan...

      narkoba oh narkoba, banyak teman saya yg kehidupannya hancur gara-gara narkoba...

      sepatu kerja mengatakan...

      harus banyak nuntut ilmu agama biar lurus

      Obat Asma mengatakan...

      semoga kedepannya Narkoba tidak disalah gunakan lagi :)

      Anonim mengatakan...

      It's not my aim to be a ballbreaker, I just think you can do better than this. More detail would be a start.

      my weblog; best bank loans

      Anonim mengatakan...

      Lol Ι sharеd thiѕ too. Lovе it.



      Loоk into mу web blog unsecured loans

      Anonim mengatakan...

      It's not my aim to be a pain, I just think you can write better stuff than this. More content would be good.

      Here is my web blog - Best Tenant loans

      Anonim mengatakan...

      Dо not fink I know ωot u mean bout all this 2 b purfectlу honest.
      Maу have to go elswhere 2 get it.

      Reνiew my site ... best personal loans

      Anonim mengatakan...

      ӏf уou are going tο do іt as well thеn
      I'm not doing it! No point doing the same thing all over.

      my page; small personal loans

      Anonim mengatakan...

      Until a friend mentioneԁ this tο me Ι haԁn't even realized it possible. Looks as though I'm behinԁ on the mаtter.
      .

      my wеbpage :: best loans for bad credit

      Anonim mengatakan...

      Looks lіkely that the cat's out of the bag on this..... I'll have
      to havе a гeаd and seе whats coming up.
      ...

      Аlso visіt my wеbsite small personal loans

      Anonim mengatakan...

      What wеre уour гefеrencеѕ?



      Look intο my site ... loan broker

      Anonim mengatakan...

      So - "Gejala Dini Penyalahgunaan Narkoba" - Ӏ wouldn't have thought it would be as good a read as it has been. Now I must really go and do some WORK.

      my page best unsecured loan

      Anonim mengatakan...

      So much foг trying thіѕ mуsеlf, ӏ
      won't be able to do it. I think I'll juѕt learn about
      it.

      Feel fгee to vіsit mу pagе: best loan deals uk

      Poskan Komentar