Selasa, Februari 09, 2010

Rukun Sholat

Rukun SholatPernakah terlintas dibenak kita, bahwa sholat yang kita kerjakan 5 kali dalam sehari telah diterima oleh ALLAH Ta’ala. Adakah keinginan dalam diri kita untuk memperbaiki sholat kita, sehingga sholat kita bukan hanya sekedar ikut-ikutan. Perlu kita ketahui bahwa ibadah yang kita lakukan tanpa didasari dengan ilmu itu ditolak oleh ALLAH Ta’ala. Baginda Rosul SAW bersabda “ Sholatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku sholat”. Agar sholat kita menjadi sholat yang Insya ALLAH diterima oleh ALLAH Ta’ala maka kita perlu mengetahui tentang syarat wajib sholat, syarat syahnya sholat, rukun sholat dan yang membatalkan sholat. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang rukun sholat sebagaimana yang diajarkan oleh guru saya Habib Abdulqodir bin Ali bin Sahil.

Secara garis besar Rukun sholat dibagi ke dalam 4 bagian :
  1. Rukun Qauliyah (ucapan) : harus dapat didengar paling tidak oleh telinga sendiri tidak cukup hanya dalam hati.
    • Takbirotul Ihrom
    • Membaca Surat Fatehah
    • Membaca tasyahud akhir
    • Membaca sholawat kepada Nabi SAW pada tasyahud akhir
    • Mengucapkan Salam
  2. Rukun Fi’liyah (perbuatan)
    • Berdiri (bagi yang mampu pada sholat fardhu)
    • Ruku beserta tuma’ninah* didalamnya
    • Itidal beserta tuma’ninah didalamnya
    • Sujud beserta tuma’ninah didalamnya
    • Duduk diantara dua sujud beserta tuma’ninah didalamnya
    • Duduk ketika membaca tasyahud akhir
  3. Rukun Ma’nawiyah
    • Tertib (berurutan) : diawali dengan takbirotul ihrom dan diakhiri dengan salam
  4. Rukun Qolbiyah
    • Niat

Berhenti sejenak diantara dua gerak sekedar mengucap Subhanallah

Mohon dikritik apabila ada kekeliruan, duhai saudaraku ! saya ingatkan untuk diri saya pribadi dan juga yang membaca artikel ini, mengapa untuk urusan duniawi yang hanya sementara ini kita punya selera yang cukup tinggi tapi anehnya untuk urusan ukhrowi yang tiada akhir selera kita sangat rendah sekali. Terkadang kita tidak pedulikan apakah ibadah kita kepada ALLAH Ta’ala telah benar sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Dan untuk memperbaiki ibadah kita tidak ada jalan lain mari kita luangkan waktu untuk menghadiri majlis ilmu yang didalamnya diajarkan bagaimana mengibadati ALLAH Ta’ala dengan cara yang benar yaitu Ilmu Fiqih.

Demikian mudah - mudahan dapat bermanfaat

Kiriman sohibku M.Yunus



YMads.com
CPM Advertising

15 komentar:

taris mengatakan...

terima kasih pencerahannya sob

Kapten Teknologi.co.cc mengatakan...

Subhanallah, artikelnya bisa bermanfaat banyak orang. untuk saling mengingatkan sebagai kaum Allah

http://www.kaptenteknologi.co.cc/

Warna Tulisan mengatakan...

@ Taris & Kapten Teknologi : Thanks sahabat sudah berkunjung dan komen, salam

AD1N mengatakan...

alhamdulillah sudah diingatkan... ditunggu posting yg memberi pencerahan sob...

Warna Tulisan mengatakan...

@ AD1N : sama-sama sahabat & thanks ya sudah mampir dan komen. Salam

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

makasih banyak atas pencerahannya Kang.
Moga dengan postingan ini dapat lebih memacu saya untuk senantiasa melaksanakan shalat sesuai dengan Rukunnya.
Salam hangat selalu.

Faril mengatakan...

tolong diralat pas bagian salam..yang termasuk rukun cuma salam pertama..
yang salam kedua hanya sunnah..

trus,,bukannya salam termasuk ke dalam takbiratul ihram??kog dibedakan lagi??

tolong dibuat urutannya juga,,soalnya ada rukun tertib di dalam sholat..kalo cuma tau rukunnya tapi gak tau urutannya,,gimana th??

btw,,aku pengen banget nanya: kenapa gerakan sholat seperti itu??bagaimana kandungan gerakan tiap sholat??tolong dijelaskan..mungkin pada postingan lain juga gak papa..
kalo udah ada,tolong konfirmasi ke blog-ku..
atas pengetahuannya,,terimakasih banyak

Faril mengatakan...

maaf,,ralat komentarku tadi,,yang tulisannya gini:
trus,,bukannya SALAM termasuk ke dalam takbiratul ihram??kog dibedakan lagi??

yang mau tak tulis:
trus,,bukannya NIAT termasuk ke dalam takbiratul ihram??kog dibedakan lagi??

Skripsi Informatika mengatakan...

artikelnya bagus,,,,,,,,,,,

Jasa Skripsi Informatika mengatakan...

artikel nya sangat bagus,,, mengingatkan semua muslim,,,, sangat bermanfaat sekali,terimakasih banyak infonya

Program Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

artikel yang bagus,,,,,,,,,,,, terimaksih ya infonya

Source Code SMS Gateway mengatakan...

betul bgt tuh,,,,,,, thanks informasinya

cakraningrat8 mengatakan...

mantap gan
salam kenal
di tunggu kunjungan baliknya

Cara Menjadi Agen Ace Maxs mengatakan...

semoga sholat kita bisa diterima oleh Alloh SWt setelah melaksanakan rukun sholat ini . Amin

rian sayyidi mengatakan...

assalamu'alaikum warohmah,,
bang nte murid nya habib abdul qodir juga ??
yg dimana??

Poskan Komentar