Melanjutkan postingan sebelumnya mengenai Service Excellent 1 perihal standar layanan bagi Customer Service dan Teller, maka pada postingan kali ini akan memberikan gambaran bagaimana seharusnya satpam bertindak dan berprilaku yang sesuai dengan standar layanan.
Petugas Satpam (Bagian Luar)
Seragam dan Kelengkapan
- Baju seragam tidak kusam
- Atribut lengkap (topi, nama, emblem kesatuan, kopel/tongkat/borgol/sangkur)
- Sepatu bersih dan dalam kondisi baik
Kerapihan
- Rambut tercukur rapi
- Kumis tercukur rapi
- Tidak berjenggot dan berjambang
Sikap
- Tersenyum
- Mengarahkan parkir
- Membantu membukakan pintu mobil
- Mengucapkan Salam
- Mengawasi keadaan sekitar
- Menyediakan payung untuk nasabah saat hujan
- Tidak merokok
- Tidak melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan nasabah seperti mengobrol dengan rekan kerja/pekerja.
Petugas Satpam (Bagian Dalam)
Seragam dan Kelengkapan
- Baju seragam tidak kusam
- Atribut lengkap (topi, nama, emblem kesatuan, kopel/tongkat/borgol/sangkur)
- Sepatu bersih dan dalam kondisi baik
Kerapihan
- Rambut tercukur rapi
- Kumis tercukur rapi
- Tidak berjenggot dan berjambang
- Tidak bau badan
Sikap
Saat Nasabah datang
- Berada diarea banking hall
- Membantu membukakan pintu
- Tersenyum mengucapkan salam dan menawarkan bantuan
- Mengawasi/mengatur antrian
- Membantu Nasabah, jika ada nasabah yang bertanya letak dan jenis form, antar nasabah ke writing desk dan berikan form yang dibutuhkan.
- Tidak melakukan hal yang tidak berhubungan dengan nasabah seperti mengobrol dengan rekan kerja/pekerja.
Saat Nasabah keluar
- Tersenyum, membantu membukakan pintu.
- Mengucapkan terima kasih dan salam.
CPM Advertising
4 komentar:
Hai Sobat Saya Sudah Follow Back ,,,Slm Blogger
hanya saja msh jarang satpam bagian luar yg seperti itu pak...
untuk parkiran saja lahannya di ambil oleh tukang parkir ntah itu resmi atau tidak.. hehehhe..
tp yg saya salut dr beberapa bank yg saya kunjungi satpam yg di dalam itu sudah berbeda dr yg lalu-lalu..
satpam bagian dalam saya rasa sdh sopan skli terhadap nasabah, membukakan pintu, mengambilkan no antrian, dan menginformasikan sesuatu...
saluut saya pak..
@ Neo Ilham : sayapun sudah follow
@ Sharing Ilmu : saat ini peran Satpam pun bagian dari pelayanan customer
@ all : thanks ya sahabat atas kunjungan dan komennya.
apakah sikap tanggap terhadap orang yang mencurigakan atau tindakah terhadap terjadinya perampokan juga di perlukan pak
Posting Komentar