Senin, Februari 15, 2010

Hari Apa Anda Dilahirkan

Hari Apa Anda DilahirkanApa jawaban anda, ketika ada orang yang bertanya : hari apa Anda dilahirkan … ?, mungkin Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut, tetapi banyak juga yang tidak dapat menjawab dengan tepat hari apa ia dilahirkan, belum lagi bila pertanyaannya adalah hari apa istri/pacar atau orang tua Anda dilahirkan … ?. Hal ini tidak mengherankan karena pada umumnya kita lebih tahu tanggal, bulan dan tahun bersejarah dalam kehidupan kita, hampir setiap orang tahu tanggal, bulan dan tahun ia dilahirkan.

Dengan menggunakan perhitungan tertentu dimana tanggal dan bulan dikonversikan dalam bentuk bilangan (angka), Anda akan dengan mudah menjawab hari apa Anda dilahirkan. Bahkan kita juga dapat mengetahui hari-hari penting dalam hidup kita.

Berikut penjelasannya :
Buang 2 angka depan tahun kelahiran (yang dipergunakan 2 angka belakang tahun kelahiran).
Urutkan har-hari dalam satu minggu kemudian dikonversikan dalam bentuk bilangan/angka dimulai dengan angka nol (nol) untuk hari Minggu (Minggu : 0, Senin : 1, Selasa : 2, Rabu : 3, Kamis : 4, Jum’at : 5 dan Sabtu : 6).
Selanjutnya kita konversikan nilai dari setiap bulan dalam satu tahun, sebagai berikut :

Tabel Nilai Bulan

Bulan Nilai Bulan Nilai
Januari 0 Juli 6
Februari 3 Agustus 2
Maret 3 September 5
April 6 Oktober 0
Mei 1 November 3
Juni 4 Desember 5

Untuk menentukan hari kelahiran adalah dengan cara : 2 angka terakhir tahun kelahiran dibagi 4 dan buang sisanya tanpa melakukan pembulatan. Selanjutnya hasil yang diperoleh tanpa pembulatan tersebut + 2 angka terakhir tahun kelahiran + tanggal lahir + nilai bulan. Hasilnya bagilah dengan 7, (jumlah hari dalam seminggu). Kini yang harus kita lakukan adalah mengambil sisa pembagian tersebut dan mencocokkannya dengan nilai hari. Bila disederhanakan akan nampak sebagai berikut :

Hari Kelahiran : [(tahun : 4) + tahun + tanggal + nilai bulan] / 7

Untuk tahun yang dapat dibagi 4 secara bulat maka untuk mencari/menghitung hari pada bulan Januari dan Februari (nilai bulan Januari dan Februari dikurangi 1).

Sekarang mari kita mulai, ambil contoh seseorang lahir pada tanggal 17 Agustus 1945 pada hari apa ia dilahirkan ?
Tanggal = 17
Bulan = 2 (sesuai table nilai bulan)
Tahun = 45 (tahun 1945 adalah bukan tahun kabisat/tidak habis dibagi 4)

[ (17 : 4) + 45 + 17 + 2) : 7 ] >>> (4 (sisa 1 diabaikan) + 45 + 17 + 2 ) : 7 >>>  [4 (sisa 1 diabaikan]+ 45 + 17 + 2 ] : 7 >>> 68 : 7 >>> 9 sisa 5

Langkah selanjutnya adalah mencocokkan angka sisa 5 dengan nilai hari >>> diperoleh hari Jum’at. Tanggal 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jum’at.

Perhitungan diatas hanya berlaku untuk kelahiran di abad 20 saja (1 Januari 1901 s/d 31 Desember 2000), sedangkan bila kelahiran diatas tahun 2000, maka nilai bulan dikurangi dengan 1 (satu).




YMads.com
CPM Advertising

83 komentar:

Aryo Halim mengatakan...

saya lupa hari apa dilahirkan, soalnya saya gak ingat, sudah lama banget!! hehehhe..memang ada trik khusus bang utk cari hari, ada tabelnya..anyway thanks yaaa!

asep-bogor mengatakan...

Waaaah ilmu baru nieh bang, saya jadi tau cara mengetahui hari lahir sesorang....makasih bang atas ilmunya.

Sharing Ilmu mengatakan...

saya pernah tau cara hitung seperti ini di kasih tau teman lewat sms, tp skrg lupa..

mimien's world mengatakan...

saya lupa lahirnya hari apa..mungkin hari minggu..hehe..apa membawa keberuntungan??

minta ijin pasang bannernya yaah...yangan lupa link me back n kunjungi blog sederhanaw juga

wassalam...

Asep sukarman mengatakan...

wah ternyata ada juga rumusnya ya

terimakasih pak jhon atas ilmunya

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Info yang mantap bang Jhon..
Koq bisa cocok yah?

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

baru tau kalau ada rumah lain bang jhon

info mengatakan...

Hari apa anda di lahirkan ...pertanyaan yang sangat susah saya jawab...hehehehe sangat bermanfaat terimakasih...

Ngeblog Suka-Suka mengatakan...

Wah, membingungkan!
Bner kata "info" diatas!
Mmng hal yang sangat sulit saya jawab yaitu hari/tahun berapa anda dilahirkan!
wkwwkwkwkwk

rZk mengatakan...

wawwww...
sangat membantu sekali sobat....

Dj Black Inspirations mengatakan...

wah keren neh rumusannya. oia mas blognya baru ya... keren sukses selalu ya

javabis99 blog bisnis online n hobby mengatakan...

yah cocok bang, thanks tipsnya ya.

muslimah mengatakan...

Info yang bermanfaat, thanks

Prie mengatakan...

info yang sangat menarik dan patut dicoba .. thank

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

mampir nyoba lagi ternyata benner...

diluar lagi hujan deras....
Selamat sore

waroengdollar mengatakan...

wah kebetulan saya lagi cari hari lahir nih, btw selamat ya, mulai buat blog baru lagi, maaf baru mampir, salam

narti mengatakan...

wah ada caranya ternyata...
makasih sharingnya.

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

mampir menyapa sahabat...
semoga senantiasa sehat.

rumah blogger mengatakan...

kalau saya lahirnya masih ingat, soalnya kemarin waktu nongol dibisikin sama mbah bidan, hehehee

nice info sob, mantap pokoknya

sabirinnet mengatakan...

ijin simpan ya mas, siapa tahu nanti diperlukan..thanx berat nich.

Ipin mengatakan...

wadu matematika nihh...
Rumusnya di coba dulu deh sobb m,antapp nihh

Darin mengatakan...

Saya langsung liat akte lahir pak, alhamdulilah lahirnya hari minggu :D coba ah dicocokin..

Neo ilham mengatakan...

Link Sobat Sudah Saya Pasang DI Blog Saya ,,,Silahkan Segera Link Back

heru mengatakan...

saya lupa hari apa lahirnya hehehe

La ogi mengatakan...

TUKAR LINK BRO......SYG AQ LUPA HARI LAHIR KU JDI TDK TAU DEH.................

Bunglon Blog mengatakan...

wah bener tu sob saya pernah coba pake rumus ini tapi hasilnya sedikit mleset sech hehe...tapi mungkin itu berlaku buat saya,buat orang lain blm tentu...

sukses sobat!

tomo mengatakan...

Wah cara menghitung hari yang baru saya ketahui kawan.thx kawan

angger mengatakan...

ilmu baru nich,makasih dah sharing sahabat^__^

nenk^buull^buull mengatakan...

aku baru tahu info ini kag.. thx infonya...

asmanu mengatakan...

waw...bukan rumus kalkulus aja yang bikin pusing, tapi ok juga, bermanfaat sekali.
terima kasih tutorialnya.

Local Download mengatakan...

thanks atas infonya sahabat..
kirain tentang weton, hahah^^

salam blogger :D

wiyono mengatakan...

i believe this post important for blogger other, one stop to posting.... clik back here here here

Rock mengatakan...

Ternyata ada penghitungannya juga ya... Makasih infonya...

la ogi mengatakan...

Makasih bro...aq dah pasang mi juga linknya di blog aq bro.......sukses selalu................

Rafans Manado mengatakan...

Tabea... Salam kenal. Tukeran Banner Link ya. Aku dah pasang banner link Anda di MANADO INFOMENT BLOG

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

klenik klenik nih ceritanya..? hehehehehe

SyahidaComputer mengatakan...

ada rumusnya juga ternyata ... bisa jadi referensi selain buku primbon .. he..he..he

syaikhoni mengatakan...

wah bagus ni ........ada rumus rus ....

Rock mengatakan...

Selamat pagi sobat...

organic seo mengatakan...

Wondering it is looks amazing.

Inter mengatakan...

Aku lahir 17-04-1981 jadi, Hari jum'at ya ?

Prie mengatakan...

klo orang jawa selain tanggal dan hari biasanya juga dikenal dengan adanya weton, pon, wage, kliwon,paing dst ...
klo saya wetonnya apa ya ... ?

fauzan upz mengatakan...

weeee keren bangat,, berarti bisa tau hari apa datri itung-itungan seperti nini ya? rumus dari mana nieh? keren haha

Ambar mengatakan...

wah ternyata ada perhitungan sendiri untuk mencari hari lahir.. rumit juga keliatannya ya.. tapi untungnya mamaku ga lupa hari apa aku dilahirkan jadi ga perlu hitung2an deh.. hehehe..

BRI mengatakan...

Jum'at harinya ...

Johnson Manurung mengatakan...

@ All : terima-kasih para sahabat atas kunjungan dan komennya, salam.

@ Mimien's blog : silahkan sahabat, sayapun akan beekunjung.

@ Bang Iwan : perlu dukungan bang Iwan.

hiabrother mengatakan...

Keren Bang Informasinya jadi saya tahu sekarang kalo saya lahirnya hari kamis hehehehe

Warna Tulisan mengatakan...

@ hiabrother : terima-kasih juga sahabat atas kunjungan dan komennya, salam.

BRI mengatakan...

kalau saya sih hari Jum'at

Warna Tulisan mengatakan...

@ All : thanks for visiting and comments

Bambangxp mengatakan...

he.. kunjungan perdana dapet info baru tentang kelahiran
makasih bos ane bookmarks dulu pasti kapan-kapan ane butuh

artiirhamna mengatakan...

baru tau ada ilmunya...
setelah diitung-itung ternyata lahir hari kamis!!
MM.. bermanfaat!!

Blogger Indo mengatakan...

wah baru tau ni info yang seperti ini, nice post!!

E-lifestyleandbusiness.com mengatakan...

wah sulit dimengerti hitungannya... aku tidak mengerti.. tetapi ada juga yah trik sulap hitungan kyk gini..

tiwi mengatakan...

he3...untung sy sll ingat hr lhr sy, jd ga perlu ngitung lg, tp u hr lahir anak2 n misua kyaknya bs sy praktekkan nih...tfs pak...

Ummiega mengatakan...

Terima kasih infonya. Rumus ini lebih mudah. Karena saya berpegang pada buku yang memuat hari, tanggal, tahun 1900 kebelakang.

oempak mengatakan...

eh bnr jg ya, saya langsung coba itung pake kalkulator dan hasilnya bnr dgn hari kelahiran saya

Faril mengatakan...

oke,akan segera saya coba...

Dony mengatakan...

Hari kamis donk :D

penginapan di jakarta mengatakan...

kayu jabon

kayu jabon



wah keren juga ya .....

by kayu jabon

Program Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

wah boleh juga nih,,,, lumayan ngebantu bgt

Skripsi Teknik Informatika mengatakan...

ya nih bagus bwt ngebantu juga,,,,,,,

Jasa Skripsi Informatika mengatakan...

bagus infonya,,,,,,,,

Source Code SMS Gateway mengatakan...

nih yahuuuudttt

Source Code SMS Akademik mengatakan...

bagus,,,,,,bagus,,,,,,bagus,,,,

Source Code KRS Online mengatakan...

ide bagus nih,,,,,,

Source Code Program Aplikasi mengatakan...

lumayan bagus nih.............boleh2

Adrian Rivaldy mengatakan...

keren banget nih infonya..baru tau saya..hehe..jangan lupa komentar balik ya di blogku

xamthone plus mengatakan...

hmmmmm.. untung saya masih ongat hari lahir saya..
jadi tanpa hitungan pun saya sdah cpt mbgtahui hasilnya..

Kando mengatakan...

hahahaha .. baru tahu saya ternyata bisa diitung ya,, sipp

Anonim mengatakan...

kok hari lahir saya gak cocok mas???

Anonim mengatakan...

Νow then! Veгy helpful aԁviсe іn thiѕ paгticulaг post!
It is the little changes that makе the largеѕt changes.
Mаny thanks for sharing!

my web site :: fast cash loan Uk

Anonim mengatakan...

I know this іf off topic but I'm looking into starting my own blog and was curious what all is needed to get setup? I'm аssuming
having a blog like уοurs woulԁ cost a prеtty penny?

Ӏ'm not very web smart so I'm not 100% certain. Any tips or advice would be greatly appreciated. Thank you

Feel free to surf to my blog; http://cartbeforehorse.com/docaswego/User:SabrinaAL

Anonim mengatakan...

Thankfulness tо my father whо told me on the topiс of this webρаgе, this ωeb-site iѕ really awеѕomе.


my homepage: fast online loans

Anonim mengatakan...

Υou go over this far more clеarly than ӏ evеr could - probably why I don't have a blog.

Look at my web-site :: fast cash loan for bad credit

Anonim mengatakan...

The ѕtatіstics аre nigh-on mеaningless,
which mеans the outcome makeѕ very little senѕe.


Ϻy homеpage fast same day cash loans

Anonim mengatakan...

I wish this ωorked ρrοpеrly on аndroіd.
.. howеveг if іt did I would just make mаterial liκe this all day and not get аnything done.
..

my ωebsite :: fast cash loan

Anonim mengatakan...

Did you looκ up your references bеfoгe you
cаme uρ ωith this?

mу webpage personal loans uk

Anonim mengatakan...

Hoω ԁid this bіt get sо mеssy it's drainin reading them.

Have a look at my web blog; loans broker

Anonim mengatakan...

Last minute editоrialѕ аre often the beѕt, the sentеnсeѕ
just pour out οntо the scгeen.


My hοmepage :: personal loans

Anonim mengatakan...

Lol I just shаred this too. It's ace.

Also visit my blog :: cheap personal loans

Anonim mengatakan...

Thе statisticѕ are almost meaninglesѕ, whiсh
means the οutcome maκes the lеaѕt bit of sеnѕe.


Mу ωeblοg: loans

Anonim mengatakan...

Do not fіnk I understand thіs 2 b truе.
May have to go other place 2 fοr hеlp.


My sіte: Instant fast Loans

Posting Komentar